14 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Jalur Menikmati Wisata Alam Hutan Renggas Kini Siap Dijajal


Jalur Menikmati Wisata Alam Hutan Renggas Kini Siap Dijajal
Para peserta KKN STIPER Kutim ketika membuka jalur tracking ke kawasan Renggas di Desa Mata Air, Kaubun. (Dok for KLIK)

Citizen Journalism oleh M. Alfan*

KLIKSANGATTA.COM - Belantara Kutai Timur dikenal menyimpan beragam satwa unik dan keragaman flora. Untuk merasakan sensasi bentang alamnya, anda bisa memilih berwisata hutan alam yang berada di kawasan yang terletak di desa Mata Air, Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Berbagai kegiatan yang dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur yang dilakukan belum lama ini mencoba menggali potensi alam yang sangat eksotis. Tepatnya di Desa Mata Air ,Kecamatan Kaubun, di mana para mahasiswa membuka jalur dengan masyarakat sekitar untuk menuju kawasan yang disebut Renggas.

Di kawasan ini, pengunjung dapat merasakan kelestarian alam yang dipenuhi habitat fauna dan flora. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat kucing hutan dan rusa, bahkan satwa khas Kalimatan yakni orangutan.

“Hampir tidak melihat kami menemukan sampah-sampah yang berserakan di dalam hutan tersebut setelah menjelajahinya,” tutur Alfan, salah satu peserta KKN STIPER yang mengikuti kegiatan tersebut.

Program ini juga merupakan rancangan Pemerintah Kecamatan Kaubun sebagai lokasi event bumi perkemahan pada masa mendatang. Selain itu, diharapkan dapat mengundang simpati masyarakat agar turut menjaga alam di sekitar mereka.

Kawasan Renggas nantinya akan dimanfaatkan pula sebagai wahana rekreasi alam terbuka dengan sensasi hutan khas Kutai Timur sehingga menarik untuk dieksplor lebih jauh.

“Terima kasih kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Angkatan 13 Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur yang telah berkontribusi membantu pelaksanaan kegiatan progam kecamatan kaubun, semoga kedepanya dapat mengembangkan ilmunya secara umum,” ujar Camat Kaubun, Amin.

Pesona alam yang masih asri inilah harapanya menjadi titik awal pergerakan aktivitas perekonomian masyarkat sekitar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai salah satu mata pencaharian, ia menambahkan. (*)

*Penulis merupakan mahasiswa KKN STIPER Kutim

Reporter :     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0