21 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berpacu Wujudkan Smart City


Berpacu Wujudkan Smart City
Bimbingan Teknik Tahap IV Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Kutai Timur (Kutim) digelar di Ruang Akasia Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, Rabu, 7 November 2018. (Foto: Imran)

KLIKSANGATTA.COM - Bimbingan Teknik Tahap IV Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Kutai Timur (Kutim) digelar di Ruang Akasia Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, Rabu, 7 November 2018.

Dibuka Sekda Kutim Irawansyah, sejumlah pimpinan OPD berserta para Camat se-Kutim hadir dalam acara. Bimtek ini merupakan penutup dari serangkaian bimtek yang telah dilakukan pada tahap I, II, dan III, beberapa waktu lalu.

Hadir dalam acara, Kementrian Kominfo RI Nova Zanda, Pembimbing Smart City dari Institut Teknologi Bandung ( ITB ) Dedy Sishandoko, Perwakilan Kodim 0909/Sangatta Kpt Inf Subarja, Perwakilan Lanal Sangatta Letda (P) Ari, Perwakilan Polres Kutim Kompol Budi.

"Pembangunan kota melalui konsep Smart City ini merupakan suatu upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan di masing-masing wilayah. Dan kita selaku masyarakat Kabupaten Kutim patut mendukung dan mengapresasi program ini," ujar Irawansyah.

Program ini, lanjut dia, juga merupakan integrasi antara pemerintah pusat, daerah sampai ke pemerintahan paling bawah karena dengan program ini dapat melakukan sistem komunikasi yang lebih baik dalam satu wilayah. Diharapkan kepada seluruh masyarakat juga nantinya dapat memanfaatkanya dengan baik.

"Ke depannya seluruh SKPD agar dapat mengirimkan perwakilanya untuk di latih dan kami sebagai pimpinan akan mengapresiasi tugas mereka dengan memberikn intensif khusus bagi para PNS atau TK2D yang mengikuti pelatihan tersebut serta memberikan sertifikat sebagai pnghrgaan. Sehingga dapat memberikan motivasi bagi rekan rekan yang lainya untuk mau belajar agar program Smart City ini dapat berjalan sesuai dengan yang pemerintah harapkan guna membangun daerah kita yang lebih maju dan berkembang," tuturnya.

Sementara, Plt Sekertaris Diskominfo Darsafani dalam laporannya menyampaikan bahwa sebuah kota atau wilayah sangat membutuhkan transformasi. Oleh karena itu, perlu sekali dikembangkan sebuah sistem untuk memecahkan suatu masalah atau problem dalam pengembangan suata wilayah dan Samrt City sebagai konsep efisien dalam memecahkan permasalahan dalam suatu wilayah tersebut melalui media yang berbasis komunikasi.

"Program ini juga mampu meningkatkan performa suatu wilayah agar dapat dengan mudah mengakses perkembangan perkembangan yang ada," ujarnya.

Dikatakannya, Bimtek tahap IV ini di laksanakan dalam rangka penyusunan masterplan yang bertujuan untuk menciptakan inovasi cerdas dalam masyarakat di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan dalam bentuk komunikasi moderen.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah mendukung program Smart City ini dan juga narasumber yang telah hadir untuk memberikan pengetahuan serta bimbingan," ujarnya. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0