14 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Herlang Rancang Pulau Tanjung Prancis Makin Eksotis


Herlang Rancang Pulau Tanjung Prancis Makin Eksotis

KLIKSANGATTA.COM - Potensi pariwisata Kutai Timur (Kutim) yang elok, bakal semakin meningkat dengan dukungan pengelolaan dari semua pihak. Anggota DPRD Kutim Herlang siapkan sejumlah rencana, salah satunya dengan mengalokasikan anggaran pokok pikiran untuk membangun jalan darat menuju Pulau Tanjung Prancis.

Pulau yang memiliki keindahan bak pariwisata nasional tersebut, sudah semakin diminati wisatawan. Saat ini, akses menuju Tanjung Prancis di Kecamatan Sangatta Selatan tersebut, hanya bisa ditempuh melalui perjalanan air. Pada umumnya warga bisa lewat dermaga di Pantai Teluk Lombok, Sangatta Selatan. Alternatifnya bisa melewati Sungai Netherlands (eks Sungai Buaya) yang dikelilingi tanaman bakau.

Herlang menyatakan, sebagai wakil rakyat yang memiliki kewenangan penganggaran dana, dirinya berencana menyiapkan Rp 200 juta untuk membangun jalan darat. "Ini baru berupa wacana, tapi sudah saya siapkan betul-betul. Jadi, kalau ada jalan darat, warga bisa memiliki jalur alternatif dan mempermudah," papar Herlang saat rekreasi ke Tanjung Prancis awal pekan ini.

Selain itu, Herlang juga akan membangun aula pertemuan ukuran sekira 7x24 meter di kawasan Pulau Tanjung Prancis. Fasilitas ini diharap bisa menjadi langkah awal untuk menyedot wisatawan yang ingin melakukan suatu kegiatan pertemuan dan semisal lainnya.

"Kami targetkan wisatawan lokal saja dulu yang bisa meramaikan kunjungan ke Tanjung Prancis. Kalau sudah orang lokal menyadari keindahan pulau ini, tentu orang luar akan antusias," ulas lelaki yang juga menjabat ketua Fraksi Nurani Amanat Persatuan (NAP) DPRD Kutim itu.

Herlang berharap, upaya tersebut bisa bermanfaat untuk banyak orang. Dia akan mulai mengalokasikan anggaran pokok pikiran DPRD pada 2019, dan berharap dukungan banyak pihak. "Yang terpenting adalah dukungan semua pihak. Sebab, untuk membangun suatu tempat pariwisata, tidak boleh hanya dilakukan satu kelompok saja. Akan terasa lebih mudah bila semua pihak ikut membantu," ucap Herlang.

Saat ini, diketahui sudah mulai dibangun sejumlah fasilitas di Tanjung Prancis. Untuk mempercantik dan merawatnya, Herlang berharap dukungan semua pihak.

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Alfret Binsar Sitorus menilai, Tanjung Prancis merupakan salah satu pulau di Kutim yang berpotensi ekonomi pariwisata, akan menambahkan keindahan Kutim. Lanal Sangatta siap membantu patroli pengamanan sekitar pulau tersebut.

Senada dengan Herlang, Binsar berpendapat, pengelolaan pulau tersebut perlu didukung banyak pihak. Diharap, sebelum akses darat jadi, berbagai fasilitas pendukung di dalam pulau sudah terbangun. "Bila sudah memiliki fasilitas lengkap, wisatawan akan berlomba-lomba untuk datang ke Tanjung Prancis," pungkasnya(*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0