19 Maret 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Surat Edaran Bupati Soal Harga TBS Petani Melempem, Bakal Ada Aksi Susulan


Surat Edaran Bupati Soal Harga TBS Petani Melempem, Bakal Ada Aksi Susulan
Konsolidasi petani kelapa sawit swadaya masyarakat di Desa Muara Bengalon, Sabtu (15/12/2018). (Foto: Imran)

KLIKSANGATTA.COM - Petani kelapa sawit Desa Muara Bengalon berencana menggelar unjuk rasa tanda protes tidak dipatuhinya kesepakatan harga beli Tandan Buah Segar (TBS) sawit petani oleh perusahaan pabrik kelapa sawit (PKS).

Dalam rapat konsolidasi yang dilakukan kelompok petani sawit masyarakat Desa Muara Bengalon, Kecamatan Bengalon, Sabtu (15/12/2018), aksi serentak bersama kelompok petani sawit lainnya akan dilakukan hari Rabu (19/12) mendatang.

Petani menyebutkan kecewa karena harga sawit yang telah di sepakati berasama belum juga jalan. Begitu pun surat edaran bupati tentang pelaksanaan harga TBS yang tidak diindahkan oleh pihak perusahaan.

Dalam rapat yang dihadiri sejumlah petani itu, Andi selaku pemimpin rapat mengatakan, opsi unjuk rasa ditempuh apabila petani tidak menemukan titik terang. Rapat mediasi mengenai pelaksanaan harga TBS sebelumnya akan ditangani pihak kepolisian.

"Jadi mediasi dulu, sesuai kesepakatan dalam forum petani sawit. Kita berharap dalam mediasi ini nantinya menemukan titik terang," ujarnya.

Ada beberapa hal yang akan disampaikan petani dalam mediasi tersebut, diaantaranya Surat Edaran Bupati Kutim. Edaran bupati ditegaskan resmi berlaku sejak tanggal penandatanganan, meski disebutkan ada beberapa perusahaan yang masih beraangapan lain mengenai regulasi tersebut.

"Surat edaran resmi berlaku sejak ditandatangani bupati, ini yang harus kita sampaikan," kata Bakri.Sufu, mewakili para petani.

Selain TBS, petani dalam tapat juga membahas mengenai pendirian koperasi sebagai upaya kemitraan, serta realisasi penyertaan plasma dari perusahaan terhadap masyarakat setempat.

"Plasma adalah kewajiban perusahaan sesuai dengan amanat undang-undang," timpal Anwar, salah satu petani sawit lainnya.

Mediasi antara perwakilan petani dengan sejumlah perwakilan perusahaan akan digelar pada Selasa, (17/12/2018) di Makopolres Kutim. Mediasi ini rencananya dihadiri Ketua Forum Petani Sawit Kutim Asbudi bersama perwakilan petani dari sejumlah kecamatan. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0