19 Maret 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Bisakah Indonesia Kembali Dijuluki Sebagai Macan Asia?


Bisakah Indonesia Kembali Dijuluki Sebagai Macan Asia?

Oleh: Ary Eka Prasetia*

SEMENJAK adanya badai krisis pada tahun 1998, semua sektor perekonomian Indonesia sangat terganggu dan mencapai batas minus untuk sebuah perkembangan ekonomi. Jika kita melihat dari sejarah Indonesia yang pernah memiliki sebuah julukan yaitu Macan Asia,  maka bukanlah hanya mimpi untuk menjadikan perekonomian Indonesia kembali seperti 20  tahun yang lalu.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat menjanjikan pada tahun 1990-an. Pertumbuhan ekonomi mengalami perkembangan sebesar 7 persen setiap tahunnya. Melihat keadaan Indonesia yang sekarang memang sangatlah jauh dari kata “Macan Asia”,  namun jika kita bisa memaksimalkan dari sektor –sektor perekonomian yang sekiranya sangat menjanjikan untuk perkembangan perekonomian di Indonesia seperti halnya di bidang pariwisata, maka bukan tidak mungkin suatu saat nanti Indonesia kembali akan menjadi Macan Asia dan akan menampakkan taringnya di bidang perekonomian Asia.

Perekonomian di bidang pariwisata dapat  menghasilkan manfaat ekonomi yang sangat besar bagi negara. Hal itu sejalan dengan tujuan kita agar perekonomian Indonesia bisa kembali disebut Macan Asia lagi karena sudah lama perekonomian negeri ini terpuruk. Salah satu cari untuk memajukan perekonomian Indonesia di bidang pariwisata adalah dengan cara memajukan sektor pariwisata yang ada di setiap daerah dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada dengan sebaik-baiknya agar dapat menarik minat para wisatan lokal ataupun mancanegara untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut. Contohnya Pulau Birah-birahan yang berada di kecamatan Sandaran, Kabupaten Kutai Timur.

Masyarakat memanfaatkan berbagai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di sekitar daerah tersebut dengan sangat baik banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Pulau Birah-bierahan. Dengan demikian hal itu dapat menjadikan pendapatan perekonomian dari wilayah tersebut meningkat maka secara otomatis meningkat juga perekonomian di Negeri ini sehingga sedikit demi sedikit tujuannya akan tercapai.

Perekonomian di bidang pariwisata memiliki sejumlah dampak yang sangat besar terhadap perekonomian di Indonesia jika kita bisa memaksimalkan pariwisata yang ada di Indonesia. Pertama, dampak terhadap penerimaan devisa. Adanya pariwisata di suatu wilayah akan mendatangkan para wisatawan lokal maupun mancanegara dengan masuknya wisatawan mancanegara tentu akan sangat berpengaruh dengan kenaikan devisa negara.

Kedua, dampak terhadap masyarakat dalam bidang ekonomi. Sektor pariwisata akan meningkatkan pendapatan pada masyarakat sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Dan ketiga, terhadap kesempatan kerja yang dengan adanya sektor pariwisata masyarakat dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga angka pengangguran akan berkurang.

Peranan dari sektor pariwisata untuk kemajuan perekonomian di Indonesia sangatlah besar peranannya. Disamping itu peranan atau partisipasi dari seluruh masyakat Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dari tempat-tempat pariwisata tersebut agar semakin banyak wisatawan yang ingin mengunjungi tempat pariwisata tersebut agar perekonomian di  negara kita ini bisa meningkat kembali. Dengan demikian angka pengangguran dari masyarakat akan berkurang.

Karena salah satu keuntungan dari sektor pariwisata adalah telah terciptanya lapangan-lapangan pekerjaan yang baru sehingga pendapatan perekonomian dari masyarakat tersebut akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat tersebut pum akan dapat terjamin. Sehingga beban yang ditanggung oleh pemerintah akan berkurang.

Untuk kemajuan pada sektor pariwisata di Indonesia adalah dengan cara masyarakat setempat bersama-sama dengan pemerintah untuk merawat,melestarikan,memelihara,dan mengembangkan kebudayaan yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Indonesia dan menjaga berbagai sumber daya alam yang ada agar tidak hilang,tidak rusak, dan tidak tertinggal oleh kemajuan zaman.  Dalam mengembangkan perekonomian di bidang pariwisata di perlukan kerja sama atau partnership antara pemerintah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang merata dan juga dapat mengurangi tingkat pengangguran. Hendaknya masyarakat ikut turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya pengembanga perekonomian di bidang pariwisata karena partisipasi masyarakat sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan dari perekonomian Indonesia di bidang pariwisata itu sendiri.

Oleh karena itu, marilah kita bersama sama mengembangkan pariwisata yang ada di Indonesia agar dapat meningkatkan perekonomian Indonesia sebab pariwisata merupakan potensi yang harus di kembangkan  dan dijaga kelestariannya tidak hanya oleh pemerintah, tetapi masyarakat juga harus turut mengambil bagian dalam upaya tersebut agar manfaatnya dapat kita rasakan bersama-sama. Dengan ini masyarakat juga membantu agar perekonomian Indonesia dapat bersaing di level Asia bahkan Dunia dan Indonesia kembali dijuluki sebagai “Macan Asia” seperti 20 tahun yang lalu. (*)

*Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang

Reporter :     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0