22 Januari 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Jelang Pemilu 2019, Polres Kutim Kantongi 198 Akun Medsos Berkonten Negatif Pemilu 2019


Jelang Pemilu 2019, Polres Kutim Kantongi 198 Akun Medsos Berkonten Negatif Pemilu 2019
Rakor Persiapan Pemilu 2019 di Kantor Bupati Kutim, Selasa, 18 Desember 2018. (Foto: Imran)

KLIKSANGATTA.COM - Polres Kutai Timur (Kutim) siap mengamankan Pileg dan Pilpres Tahun 2019. Ratusan personel akan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi itu.

Kapolres Kutim, AKBP Tedy Ristyawan mengatakan, jumlah TPS pada Pileg dan Pilpers 2019 telah mengalami peningkatan. Yakni, dari 683 TPS menjadi 971 TPS.

"Polres Kutim mendapatkan BKO (bawah kendali operasi) 246 orang personil dari Polda. Untuk PAM (petugas pengamanan) TPS ada 424 personil," ujar Tedy, dalam Rakor Persiapan Pemilu 2019 di Kantor Bupati Kutim, Selasa, 18 Desember 2018.

Linmas dalam pemilu sendiri disebutkan ada sekitar 1.942 orang. Linmas yang sebelumnya akan menjalani pelatihan dari jajaran kepolisian dan Kodim itu dinilai masih sangat kurang, termasuk perlengkapan dan akomodasi.

"Hasil analisa pilgub aman dan kondusif, kesiapan linmas kurang maksimal, distribusi logistik pemilu tidak terjadwal, distribusi log ke TPS mengalami kendala. Kurangnya pemahaman dari PPS dan PAM TPS terkait pemahaman fungsi," kata Tedy.

Dalam mengidentifikasi penipu online maupun penyebar hoax melalui internet pada pemilu, Tedy mengatakan, Polres Kutim telah memiliki Polisi Cyber. "Saat ini, ada 198 akun medsos pemilu yang terindikasi berkonten negatif," tuturnya.

Berkaca pada pilgub yang partisipasinya tidak mencapai 50 persen. Tedy menyebutkan itu terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pesta pesta demokrasi itu. Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum masuk dalam DPT.

"Mari kita evaluasi kekurangan kekurangan pada pemilu Pilgub Kaltim agar pileg dan pilpres 2019 lebih baik lagi," punkasnya.

Dalam mengamankan tahapan Pemilu 2019, Polres Kutim sebelumya sudah melakukan langkah-langkah sosialisasi pemilu yang damai dengan menerapakn berbagai kegiatan, diataranya tablig dan deklarasi pemilu damai.

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0