23 Mei 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Forum Serikat Buruh Kutim Bakal Gelar Aksi May Day 2019


Forum Serikat Buruh Kutim Bakal Gelar Aksi May Day 2019

KLIKSANGATTA.COM - Ribuan buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Pekerja/Forum Buruh (F SP/SB) Kutai Timur (Kutim) akan menggelar aksi dan turun ke jalan pada, 1 Mei 2019.

Aksi F SP/SB sebagai wadah persatuan dari berbagai elemen serikat buruh/pekerja di Kutim itu digelar dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional (May Day).

"May Day di Kutim rencana kita turunkan sekiar 1.000 anggota buruh/serikat," ujar Ketua FKS/SB Kutim Protus Donatus Kia, Senin, 29 April 2019.

Ada 10 tuntutan buruh di Kutim dalam May Day kali ini. Diantaranya, meminta pemerintah untuk mencabut PP 78 tahun 2015, geratiskan kesehatan bagi buruh, tegagkan hukum ketenaga kerjaan dan pengawasan, hapuskan sistem outsourching, hapuskan BHL bagi pekerja buruh perkebunan.

Selanjutnya, memberlakukan upah sektoral buruh perkebunan kelapa sawit, tempat kembali bidang pengawasan ketenagakerhaan di kabupaten, daftarkan semua pekerja sebagai peserta BPJS ketenaga kerjaan dan BPJS kesehatan, komisi IV DPRD harus melakuan fungsi dan tugasnya sebagai pengawasan.

"Dan terkhir seluruh perusahaan di Kutai Timur harus mengutamakan tenaga kerja lokal," tutur Protus.

Aksi penyampaian aspirasi buruh yang akan mengambil rute dari Sekretariat Bersama menuju Kantor Bupati Kutim dan Sekretariat DPRD Kutim itu rencananya di hadiri ribuan pekerja dan buruh.

"Setiap tahun kaum buruh di seluruh dunia memperingati May Day dengan melakukan aksi. Saya meminta aksi buruh dilakukan dengan tertib, damai, tidak ada kekerasan, dan jangan melanggar hukum," pungkas Protus. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0