17 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Penyakit Diare Serang Warga Sangatta


Penyakit Diare Serang Warga Sangatta

KLIK SANGATTA – Penyakit diare menyerang warga Kutai Timur. Dinas Kesehatan Kutai Timur mencatat, dalam tiga minggu terakhir sudah terdapat 79 kasus diare.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Muhammad Yusuf mengungkapkan, kasus diare terbanyak di PKM Spaso dengan 45 kasus. Disusul PKM Batu Ampar dengan 16 kasus dan PKM Sangatta Selatan dengan 18 kasus diare.

Karena jumlah kasus yang tinggi, status penyakit diare di Sangatta masuk dalam kategori  Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Hasil pengamatan sementara, diare disebabkan konsumsi air sungai yang dalam keadaan kemarau. Air tersebut layak atau tidak. Jika tidak layak, maka perut tidak akan mampu menerimanya sehingga yang terjadi ialah penyakit diare,” katanya. 

Untuk mencegah penyebaran wabah diare, Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi dan pengobatan kepada pasien yang mengidap diare. Yusuf juga menyarankan agar warga tidak mengkonsumsi air yang kurang layak atau makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit diare.

Dinas Kesehatan meminta agar warga yang memiliki gejala diare agar segera memeriksakan kondisi kesehatan di Puskesmas atau Rumah Sakit. “Kita harus terus waspada karena kalau lambat, diare bisa menyebabkan kematian,” katanya. 

(*)

Reporter : Ardiyanto    Editor : M. Nasir



Comments

comments


Komentar: 0