20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Resep Mudah membuat Ikan Tenggiri Bumbu Kuning, Hmm Yummi!


Resep Mudah membuat Ikan Tenggiri Bumbu Kuning, Hmm Yummi!

KLIKSANGATTA - klikers suka dengan hidangan yang berbahan ikan tenggiri? kalau gitu tepat sekali. Di kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu masakan lezat yang terbuat dari ikan laut yang katanya kaya protein dan termasuk golongan ikan dengan harga jual yang cukup tinggi.

Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung.

Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Masakan ini sebenarnya terbuat dari daging ikan tenggiri yang dipotong-potong lalu kemudian dimasak bersama dengan bumbu kuning dan ditambah dengan air sehingga berkuah.

 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

500 gram ikan tenggiri fillet
1 buah jeruk nipis, peras
100 gram margarin
100 ml air
1 batang daun bawang yang sudah di iris-iris tipis
1 buah cabai merah besar yang sudah di iris-iris
Bawang putih halus (dari 3 siung bawang putih)
2 lembar daun jeruk
2 sendok makan minyak goreng
1 sendok teh garam dapur

Bumbu halus nya :

5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
Garam, merica dan gula pasir secukupnya

Cara membuat ikan tenggiri bumbu kuning :

1. Pertama-tama, ambil ikan tenggiri fillet nya kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis, bawang putih halus dan garam hingga rata.

2. Setelah itu, panaskan margarin sampai meleleh lalu goreng ikan tenggirinya sampai matang dan warnanya telah kekuningan. Angkat dan tiriskan.

3. Selanjutnya, panaskan minyak goreng. Kemudian tumis bumbu halus bersama dengan irisan cabai merah dan daun jeruk. Setelah agak layu dan baunya sudah harum tuang air kedalamnya. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih & mengental. Sebelum diangkat tambahkan irisan daun bawang.

4. Setelah semuanya ok, tinggal penyajiannya saja caranya siapkan ikan tenggiri diatas piring saji. Lalu tuangkan bumbu kuning nya. Dan ikan tenggiri bumbu kuning pun siap untuk disajikan & di nikmati bersama teman dan keluarga anda.

 

 

Reporter :     Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0