24 Februari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

PDAM Kutai Timur Antisipasi Kesulitan Air Bersih Warga Teluk Pandan


PDAM Kutai Timur Antisipasi Kesulitan Air Bersih Warga Teluk Pandan
Direktur Utama PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, Aji Mirni Mawarni

KLIKSANGATTA – PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur (Kutim) selalu berusaha memberikan layanan prima kepada pelanggan air bersih di Kabupaten Kutai Timur.

Salah satunya dengan mengantisipasi kemungkinan warga mengalami kesulitan air bersih di Kecamatan Teluk Pandan.

Direktur Utama PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, Aji Mirni Mawarni, mengatakan, Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Cabang Teluk Pandan berpotensi kekurangan air baku.

Hal itu disebabkan kondisi Danau Telaga Bening yang semakin surut karena tidak diguyur hujan. Selama ini, Danau Telaga Bening menjadi satu-satunya sumber air baku PDAM Teluk Pandan.

“Kondisi danau tersebut saat ini semakin surut. Kami mengkhawatirkan bila tidak turun hujan beberapa minggu ke depan, pelanggan di daerah tersebut akan mengalami kesulitan air bersih,” ujar Mawar, Kamis, 18 Februari 2016.

Karena itu, agar tetap memberikan layanan kepada masyarakat, PDAM Tirta Tuah Benua menyusun langkah strategis untuk mengantisipasi kekurangan air bersih. Langkah pertama, meminta bantuan Dinas Pekerjaan Umum Kutim untuk melakukan normalisasi danau di sekitar IPA PDAM Teluk Pandan.

“Upaya kami yang pertama adalah meminta bantuan Dinas PU Kabupaten  Kutai Timur untuk dapat melakukan normalisasi disekitar intake. Sehingga apabila air semakin surut, kami masih bisa melakukan penyadapan air baku,” kata Mawar.

Selanjutnya, jika sumber air baku benar-benar mengalami kekeringan, PDAM akan menyiapkan tandon berisi air bersih untuk warga Teluk Pandan.

“Kami telah menyiapkan tandon-tandon yang akan ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu, dan suplai air bersih akan disalurkan melalui mobil tangki air,” ujarnya.

Klik juga: Penuhi Kebutuhan Air Sangatta Utara, PDAM Tambah Kapasitas

Mawar berharap, hujan akan segera mengguyur Kecamatan Teluk Pandan, khususnya di Danau Telaga Bening, agar distribusi air bersih kepada warga kembali normal.

“Harapan kami, hujan dapat segera turun sehingga pengaliran air bersih kepada pelanggan di Teluk Pandan dapat kembali maksimal,” kata Mawar. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0