19 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Jazz Fit Club Sangatta, dari Aksi Sosial sampai Berbagi Sparepart Terjangkau


Jazz Fit Club Sangatta, dari Aksi Sosial sampai Berbagi Sparepart Terjangkau
Member JFC Sangatta saat kumpul bersama,. (Dok. pribadi)

KLIKSANGATTA – Deru mesin terdengar saat sekelompok orang mengelilingi salah satu mobil yang terparkir berjejer rapi. Dari kerumunan itu, suara-suara lain bermunculan mengomentari suara mesin yang dihasilkan. Ternyata, adalah komunitas Jazz Fit Club (JFC) Sangatta yang sedang asyik kongkow bersama sambil sharing soal perawatan tunggangannya.

“Selain kumpul-kumpul bawa mobilnya, ini yang bisa didapatkan dalam komunitas. Berbagi pengalaman dan tips dalam perawatan mobil,” sebut Dimas ‘Ijong’, Wakil Ketua JFC Sangatta.

Ia pun menceritakan awal pembentukan komunitas pecinta otomotif, khususnya Honda Jazz di Sangatta. Awalnya, empat orang termasuk dirinya masih tergabung di Honda Jazz Club Sangatta. Namun, ia dan rekan-rekannya menilai komunitas ini belum dinaungi secara nasional sehingga dirasa sulit untuk mengembangkan komunitas.

Lalu pada akhir 2014 mereka mulai membentuk JFC Sangatta. Anggota awal saat itu sebanyak 8 orang. JFC sendiri merupakan komunitas nasional yang sudah ada di banyak kota di Indonesia. Dipimpin Andi Amri, JFC pun dibentuk di Kota Bontang yang tak berjauhan dengan Sangatta.

“Awal bulan Januari 2016, kami bergabung di JFC Kaltim. Komunitas ini juga terdaftar di IMI (Ikatan Motor Indonesia),” sambungnya.

Agenda wajib pun disusun dengan saling mengunjungi di antara anggota Sangatta dan Bontang dengan menggelar ‘kopi darat’. Setiap bulan, komunitas yang bertetangga ini saling mengunjungi dan berbagi cerita.

“Kalau kopdar, bisa 10-15 orang yang kumpul. Di situ kita obrolin mau buat kegiatan apa, mulai dari aksi sosial sampai event-event,” kata Ijong.

Kegiatan rutin misalnya, kata dia, setiap bulan puasa menyempatkan bagi-bagi takjil di Jalan Yos Sudarso, jalan utama Sangatta. Dari kumpul dan kegiatan sosial, dikatakan menjadi cara meningkatkan solidaritas dan berbagi dengan sesama yang kurang beruntung.

Tak hanya itu, lewat komunitas juga banyak informasi soal bagaimana mendapatkan spare part mobil yang murah namun cukup berkualitas. Ia menekankan, tak membatasi orang yang ingin bergabung tanpa melihat latar belakang sosial orang tersebut.

“Sekarang siap-siap menghadiri Inauguration JFC Bali April 2016 mendatang. Semua perwakilan JFC diundang, jadi kesempatan untuk mengenal teman-teman dari seluruh Indonesia,” paparnya. (*)

Reporter : Qadlie Fachruddin    Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0