19 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Mobil Karya Mahasiswa Indonesia Beradu di Kompetisi Tingkat Asia


Mobil Karya Mahasiswa Indonesia Beradu di Kompetisi Tingkat Asia
Salah satu tim mahasiswa asal Indonesia berfoto bersama mobil ciptaannya. (DOKUMENTASI PRIBADI)

Para mahasiswa Indonesia berotak encer kembali berpartisipasi dalam Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila Filipina pada 3-6 Maret mendatang. Sebanyak 20 tim mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berasal dari 10 kota akan menjadi Tim Shell Eco-Marathon Indonesia (SEM) 2016.

Pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini, 20 tim mahasiswa Indonesia akan berlaga di pertandingan on track pada kategori kendaraan Prototype dan Urban Concept serta dalam sub kategori berbagai sumber energi.

Tim mahasiswa Indonesia juga akan berlaga di pertandingan off-track yang terdiri dari Communications Award, Shell Helix Tribology Award, Vehicle Design Award, Technical Innovation Award, Safety Award serta Perseverance & Spirit of the Event Award.

Ada 24 On-Track Award yang dikompetisikan pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini dengan hadiah uang senilai US$2.000 untuk pemenang baik di kategori Prototype dan Urban Concept.

Tim mahasiswa Indonesia akan menjadi bagian dari lebih 100 mahasiswa dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika yang hadir pada ajang bergengsi ini. Shell Eco-marathon Asia Manila 2016 akan menjadi ajang Shell Eco-marathon Asia ketiga yang berlangsung di sirkuit jalanan yang didesain secara khusus di kota Manila, Filipina.

Tim mahasiswa dari 17 negara akan ditantang untuk meningkatkan efisiensi energi di lingkungan perkotaan yang ada di dunia saat ini. Pemenangnya adalah tim yang bisa mencapai jarak terjauh dengan hanya menggunakan satu liter bahan bakar, bukan berdasarkan kecepatan mobil.

"Dengan meningkatnya jumlah kebutuhan energi transportasi global pada tahun 2050 mendatang, maka dunia membutuhkan mobilitas yang lebih hemat energi, ramah lingkungan dan memperhatikan aspek-aspek keselamatan.

"Keikutsertaan mahasiswa Indonesia pada ajang SEM Asia ini menjadi sangat penting karena mereka membantu mengatasi permasalahan dunia dengan menciptakan kendaraan hemat energi, ramah lingkungan serta memperhatikan aspek keselamatan," kata Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia. (*)

Pembaca yang budiman, terima kasih sudah berkunjung

Kami juga hadir di facebook kliksangatta dan twitter @kliksangatta

Selamat beraktivitas

 

Reporter : Ahmad Nugraha    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0