17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Peserta Tes Masuk Tentara India Hadapi Ujian Tanpa Pakaian di Lapangan


Peserta Tes Masuk Tentara India Hadapi Ujian Tanpa Pakaian di Lapangan
Para kandidat tes masuk tentara India ketika menjalani ujian tanpa pakaian di lapangan, Bihar. (Foto: Gopi Mishra)

Untuk menghindari perbuatan curang, Tentara India di Provinsi Bihar memperlakukan 1.000 peserta tes masuk ketentaraan untuk melakukan ujian hanya menggunakan celana dalam di lapangan terbuka.

Dalam foto yang diterbitkan media India, tampak orang-orang hampir telanjang duduk teratur di lapangan sambil berusaha menyelesaikan tes di area lapangan terbuka. Mereka juga dijaga oleh pengawas berseragam dan berpakaian bebas.

“Kami digeledah dan diminta masuk ke suatu ruangan tertutup. Lalu para tentara menyuruh kami untuk menanggalkan pakaian kecuali celana dalam,” ujar Harishambhu Kumar, peserta tes berusia 21 tahun. Ia mengatakan, dirinya cukup merasa aneh namun menurut petugas hal itu untuk menghindari kecurangan.

Perekrutan itu sebenarnya dilakukan pada 28 Februari 2016 lalu, namun gambar-gambar ujian tersebut baru saja terekspos ke publik beserta kritik keras dari Pengadilan Tinggi India yang kemudian meminta penjelasan dari Kementerian Pertahanan India melalui pengacara mereka, Dinu Kumar. Menurut Kumar, keputusan memperlakukan kandidat tes untuk ujian tanpa pakaian dinilai tak pantas.

“Dan bagi mereka yang menolak untuk menanggalkan pakaian kemudian akan diminta peri. Itu sama saja menghina,” ujarnya.

/images/img_galeri/41INDIAN NAKED TEST 1.jpg

Direktur Komando Regional Tentara India di Muzaffapur, Kolonel V.S Godhra menyebutkan, lebih dari 1.000 kandidat diminta untuk hanya bercelana dalam dan duduk di lapangan terbuka agar mereka tak bisa menyembunyikan contekan di pakaian maupun di meja dan bangku mereka.

“Saya berhak memutuskan langkah yang diperlukan untuk itu (kecurangan). Tahun lalu, ada dua kandidat yang menyembunyikan contekan dan handphone di rompi bahkan pakaian dalam,” ujarnya kepada media Press Trust of India.

/images/img_galeri/63INDIAN NAKED TEST 2.jpg

Dalam pandangan Godhra, pihaknya tak menghina tubuh atau apapun pada arah kejahatan. “Tidak ada komplain juga, jadi kenapa orang-orang luar membuat keributan pada masalah ini,” tambahnya.

Menurut kabar yang beredar, kawasan Bihar dikenal dengan masalah kecurangan dalam tes masuk suatu lembaga. Di tahun lalu saja, kepolisian menangkap sekitar 1.000 oknum petugas yang mengaku mendapat bayaran dengan menggantikan peserta ujian dalam suatu rekrutmen. Dan di tahun yang sama, dunia juga sempat dihebohkan dengan aksi memanjat dinding sekolah oleh para teman dan kerabat siswa untuk ‘membantu’ menyelesaikan ujian sekolah. (*)

Reporter : pt    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0