20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ketika Kelembutan Roti Mantao Dipadu Gurihnya Bebek Peking


Ketika Kelembutan Roti Mantao Dipadu Gurihnya Bebek Peking
Sajian Roti Mantou di Restoran Mantou Mall Lembuswana Samarinda (KlikSamarinda)

Masyarakat Tionghoa, kaya akan budaya dan tradisi. Pun, aneka macam kuliner tradisional. Satu makanan dengan resep turun-temurun dan menjadi makanan populer khas Tionghoa adalah Mantou. 

Kuliner jenis ini merupakan sajian turun-temurun dari generasi ke generasi. Jenis kuliner ini kerap disebut dengan nama Mantau, Mantao, Mantou, atau Mantow.

Mantou merupakan makanan pokok di daerah Cina bagian utara. Wujudnya mirip Bakpao dengan bahan dasar tepung beras dan ragi. Perbedaannya, Mantou tidak memiliki isi di dalamnya dan tekstur Mantou lebih lembut dan padat daripada bakpao.

Namun, perkembangan Mantou hingga saat ini bercita rasa manis dan lembut. Terdapat cara menyantap Mantou yang berbeda di dalam tradisi masyarakat Cina, yaitu ada yang digoreng dan ada pula yang dikukus.

Nah, di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) Anda dapat menemui sajian Mantou. Misal, Mantou yang tersaji di restoran Mantou di Mall Lembuswana.
Di sana, Mantou disajikan secara umum dengan digoreng. Sajian Mantou disertai dengan susu kental manis. Pun, ada juga mantou yang dikukus dimakan tanpa tambahan apapun.

Menurut Manajer Restoran Mantou di Mall Lembuswana, Arif, di Restoran Mantou terdapat sejumlah perbedaan. Misal, tekstur mantou dan sajian kuliner lainnya seperti bebek dan ayam.

"Setiap konsumen yang datang ke sini selalu menyebut Restoran Mantou di sini beda. Teksturnya lebih lembut. Ada juga sajian ayam tanpa penyedap. Bebek juga impor. Bebek Peking," ujar Arif.

Sajian lainnya, menurut Arif, adalah bakso dan mie goreng. Untuk dua kuliner ini, Arif menyebut tanpa bahan pengawet.

"Kami produksi sendiri sajian itu," ujar Arif.

Jika Anda berniat mencoba sajian Roti Mantou atau sajian kuliner Tionghoa lainnya, dapat mencoba di Restoran mantou Mall Lembuswana Lantai 3. (*)

Pembaca yang budiman, terima kasih sudah berkunjung.

 Kami juga hadir di facebook kliksangatta dan twitter @kliksangatta.

  Selamat beraktivitas

Reporter : Magie Aksan/kliksamarinda    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0