18 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

IPA Muara Bengkal Bertambah, Distribusi Air Teluk Pandan Stop Sementara


 IPA Muara Bengkal Bertambah, Distribusi Air Teluk Pandan Stop Sementara
Unit IPA penambahan pada PDAM Kutim. Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni (insert foto).

KLIKSANGATTA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Kutai Timur Cabang Muara Bengkal mulai mengoperasikan unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 20 liter per detik yang baru dibangun di Desa Ngayau.

Penambahan ini terbilang signifikan dari kapasitas IPA sebelumnya yang hanya 5 liter per detik di Desa Benua Baru, Kecamatan Muara Bengkal.

Sebelumnya, PDAM Cabang Muara Bengkal harus menerapkan sistem penggiliran dalam distribusi air bersih kepada warga atau pelanggan.

"Dengan penambahan ini, kami tidak lagi menerapkan sistem penggiliran. Juga akan dilakukan penyambungan baru bagi calon pelanggan," ujar Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni.

Sebaliknya, warga Kecamatan Teluk Pandan mesti sedikit bersabar menyusul kekeringan yang melanda Danau Telaga Bening selama hampir sebulan terakhir.

Klik juga: IPA Kabo Kembali Maksimal, PDAM Bengalon Fungsikan Unit Capai 30 Liter per Detik

Dengan IPA berkapasitas 5 liter per detik, PDAM Cabang Teluk Pandan belum dapat mengoperasikan unitnya karena sumber air baku dari Danau Telaga Bening tak mencapai debit yang dibutuhkan.

Distribusi air bersih pun dilakukan dengan menyediakan sejumlah tandon berkapasitas 5000 liter selama 10 hari di tiga lokasi berbeda.

"Air bersih untuk distribusi diambil dari lokasi terdekat yaitu PDAM Kota Bontang. Mobilisasinya menggunakan mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Kutim," jelas Mawar.

Sayangnya, lanjut Mawar, PDAM menghentikan sementara suplai air bersih ke Teluk Pandan karena batas waktu penggunaan mobil damkar telah habis. (*)

Pembaca yang budiman, terima kasih sudah berkunjung. 

Perbaharui terus informasi Terkini dan Terpercaya. 

 Ikuti kami di facebook kliksangatta dan twitter @kliksangatta. 

   Selamat beraktivitas

Reporter : Sukriadi    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0