20 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Selamat, 102 PNS Kutai Timur dapat Kredit Rumah Murah


Selamat, 102 PNS Kutai Timur dapat Kredit Rumah Murah
Rapat pembahasan kredit rumah murah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kutai Timur (Humas Pemkab Kutim)

KLIKSANGATTA.COM - Progress rencana pembangunan perumahaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berlokasi di Jalan Sinomo, Sangatta Utara, semakin nyata. Sebab, Pemkab Kutim melalui Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten telah menetapkan 102 nama pegawai yang berhak mendapatkan kredit unit rumah murah.

Dalam rapat penetapan hasil kriteria calon pemilik rumah, pelaksanaan penandatanganan perjanjian kerja sama, dan persiapan program sarana prasarana (Sapra) perumahan yakni listrik, air dan jalan, di Ruang Arau, Kantor Bupati terungkap bahwa 102 nama dimaksud sudah lulus seleksi berkas tahap pertama.

“Penetapan nama-nama calon pemilik rumah yang berjumlah 102 untuk tahap pertama, kesemuanya telah lulus seleksi berkas,” tegas Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pengendalian, Bagian Pembangunan Setkab, Deky Hermawan, mewakili Asisten Ekonomi Pembangunan Rupiansyah serta Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setkab Noviari Noor yang berhalangan hadir.

Rapat yang juga membahas tentang tahapan yang harus dipenuhi oleh Tim Percepatan Pembangunan Perumahaan dihadiri perwakilan dari Bappeda, Dinas PU, Dinas Tata Ruang, dan Korpri. Deky Hermawan menjelaskan, PNS yang pernah mengambil formulir pengajuan jumlahnya mencapai 300 orang.

Namun hanya 130 berkas yang kembali. Dari berkas itu, terseleksi 102 orang yang lolos persyaratan untuk mendapatkan rumah di tahap pertama ini.

“Nantinya 102 nama tersebut akan kita kumpulkan untuk menghadiri sosialisasi bersama dengan pihak Bank BTN, Perumnas, serta Pemkab (Tim Percepatan Pembangunan Perumahan/TPPP) terkait penjelasan mengenai hak dan kewajiban, berikut melihat kemampuan kredit bagi para PNS,” ujarnya.

Selanjutnya, pada pertemuan tersebut nantinya akan disampaikan syarat yang masih masih perlu dilengkapi Tim Percepatan Pembangunan Perumahaan. Yaitu pembuatan sertifikat induk untuk lahan yang dibangun perumahan.

Agar nantinya para pemilik yang terpilih, masing-masing juga mendapatkan sertifikat lahan.

Pengajuan sertifikat lahan perumahan PNS di Simono seluas 20 hektar (Ha) saat ini telah dilayangkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Diharapkan dengan diterbitkannya sertifikat induk, status lahan menjadi jelas dan pasti.

Selain menghindari permasalahan lahan yang mungkin timbul dikemudian hari, juga akan lebih memudahkan pemerintah membagi atau memecah sertifikat menjadi perorangan atas nama masing-masing PNS yang terdaftar.

Adapun rumah yang disediakan Pemkab Kutim di Simono Jalan Simono Kecamatan Sangatta Utara dihargai Rp 128 juta. Nantinya PNS memiliki kewajiban angsuran terendah sebesar Rp 800 ribu perbulan, selama 15-20 tahun.

Hunian PNS di Simono bertipe 36 dengan luas lahan 10 x 18 meter persegi. Perumahan PNS di atas lahan seluas 20 hektar ini secara bertahap akan dibangun sebanyak 540 unit rumah. (hms7)

Reporter : Humas Pemkab Kutim    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0