14 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Awang: Yang Pergi Demo ke Jakarta Adalah Calon-Calon Teroris


Awang: Yang Pergi Demo ke Jakarta Adalah Calon-Calon Teroris
Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak

KLIKSANGATTA.COM - Pernyataan mengejutkan dilontarkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak saat silaturahmi pemerintah daerah dengan TNI, Polri, Ormas dan sejumlah tokoh masyarakat Kaltim-Kaltara, di aula Kodam VI Mulawarman, Balikpapan, Rabu, 23 November 2016

"Yang pergi demo ke Jakarta itu adalah calon-calon teroris yang perlu kita waspadai," tegas Awang, politisi yang loncat dari Golkar ke Nasdem itu.

Pernyataan itu sontak membuat sejumlah pihak bertanya. Namun Awang memiliki pandangan tersendiri tentang aksi demo tersebut. Awang mengimbau warga Kaltim tidak ikut pergi ke Jakarta untuk melakukan aksi demo penistaan agama.

Lantaran Awang menilai mereka yang pergi kebanyakan memiliki paham radikalisme yang berbuntut pada tindakan terorisme.

Awang mengajak masyarakat Kaltim tetap tenang dan tidak terprovokasi isu-isu permasalahan tersebut. Ia menhimbau masyarakat Kaltim agar menyampaikan aspirasinya kepada instansi terkait di wilayah Kaltim.

"Tanggal 25 dan tanggal 2 Desember kita mengimbau tidak ada demonstran yang ikut-ikutan ke Jakarta, tidak perlu,” ujarnya.  

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman, Mayjen Jhonny L Tobing mengatakan aksi demo harus tercipta suasana aman dan tentram. “Para pendemo saudara kita juga,” ujar Pangdam.

Ia menekankan, "Yang demo itu saudara kita juga bukan musuh kita. Cara menyampaikan aspirasi kita ajari yang benar, jangan sampai ada kekerasan.” Mereka dilindungi Undang-undang. Namun, kalau ada anarkis langsung polisi bisa segera menangkap. 

Terpisahm Kapolda Kaltim, Irjen Pol Safarudin mengatakan hingga sampai saat ini pihaknya belum menerima surat pemberitahuan pelaksanaan aksi demo baik tanggal 25 November maupun 2 Desember. Ia mengatakan pihaknya bersedia melakukan pengamanan apabila ada aksi demo di wilayah Kaltim.

"Belum ada yang mengajukan pemberitahuan. Kita berikan pengamanan untuk melakukan unjuk rasa, karena memang dijamin undang-undang,” ujar Kapolda.

Menurutnya, pemberitahuan itu agar kepolisian mempersiapkan diri memberikan pengamanana kepada mereka.

Safarudin juga menghimbau masyarakat tetap damai apabila ada aksi demo. Pihaknya senantiasa akan bersama-sama menciptakan suasana aman agar tidak disusupi oknum-oknum yang akan berbuat anarkis.

"Kita mengimbau supaya jangan sampai disusupi kelompok-kelompok yang melakukan tindakan anarkis. Jangan mengganggu orang lain," ujarnya. (*)

 

Reporter : Klikbalikpapan/Ahmad Riyadi    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0