23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Terpilih, Kades Selangkau Hasbollah Giatkan BUMDes untuk Kemandirian Desa


Terpilih, Kades Selangkau Hasbollah Giatkan BUMDes untuk Kemandirian Desa
Kepala Desa Selangkau terpilih, Hasbollah. (KLIKSANGATTA/IMRAN)

KLIKSANGATTA.COM – Kepala desa (Kades) terpilih Desa Selangkau, Hasbollah, mencanangkan peran maksimal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam membangun desa.

Dengan mengusung slogan ‘Desa Bangkit’, Ia menyasar lahirnya kemandirian masyarakat dan ekonomi Desa Selangkau di Kecamatan Selangkau, Kabupaten Kutai Timur, selama enam tahun masa kepemimpinannya.

"BUMDes ini salahsatu agenda yang akan kita maksimalkan untuk mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, dan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujarnya saat ditemui di Kantor Bupati Bukit Pelangi, 10 Februari 2017.

Sebagai sebuah usaha desa, lanjut Hasbullah, pembentukan BUMDes diharapkan mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dari aspek ekonomi, sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

Sebab, kata dia, secara spesifik pendirian BUMDes adalah untuk menyerap tenaga kerja desa, meningkatkan kreativitas dan membuka peluang usaha ekonomi produktif mereka yang berpenghasilan rendah.

"Pendirian BUMDes ini kan dilakukan melalui inisiatif desa yang dirumuskan secara partisipatif oleh seluruh komponen masyarakat desa termasuk juga membangun kerjasama dengan unit-unit usaha yang ada di Desa Selangkau," kata salahsatu pemenang Pilkades Serentak Kutim 2016 ini.

Lebih lanjut Hasbullah menjelaskan, pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui BUMDes bertujuan untuk melayani masyarakat desa.

Dalam mengembangkan usaha produktif itu, ia percaya dapat tercapai jika memaksimalkan pengelolaannya sesuai dengan karakteristik potensi desa.

"Jadi menyediakan beragam usaha dalam menunjang perekonomian masyarakat desa sesuai dengan potensi desa dan kebutuhan masyarakat. Seperti pengelolaan Pantai Jepu-Jepu nantinya sebagai salahsatu objek wisata," tuturnya. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0