18 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pemkab Kutim Bahas Wacana Retribusi Pengelola Pasar Malam


Pemkab Kutim Bahas Wacana Retribusi Pengelola Pasar Malam
Pasar malam yang menjadi pusat perdagangan tradisional di malam hari

KLIKSANGATTA.COM - Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tentunya dapat lebih berkontribusi terhadap keberlangsungan roda pemerintahan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Banyak potensi yang bisa dimaksimalkan sebagai sumber PAD apabila dikelola dengan baik. Salah satu contohnya adalah retribusi dari pengelolaan pasar malam.

"Apakah selama ini melalui sistem pelayanan satu pintu?. Apakah Disperindag mendapat kontribusi berupa restribusi dari pengelolaan pasar malam yang ada di Kutim?,” tanya Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, saat memimpin rapat kerja Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), di Kantor Sekretariat Kabupaten, Rabu, 18 Januari 2017

Menurutnya guna mendulang potensi PAD dari aktifitas pasar malam, perlu dilaksanakan pembahasan intensif.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disperindag M Edward Azran menjelaskan, pihaknya hanya sebatas mengetahui keberadaan pasar malam. 

"Selanjutnya mengenai teknis pihak pengelola pasar malam pada umumnya berkoordinasi dengan pihak kepolisian terutama untuk ijin keramaian," ujar Edward

Walau demikian, Kasmidi berharap pihak pengelola pasar malam dapat berkoordinasi dengan Pemkab Kutim yakni Disperindag, termasuk BPMP2T untuk proses perizinannya. 

"Walau bagaimana menyangkut pasar malam harus ada ijin yang jelas dan berkontribusi kepada daerah. Untuk itu nantinya permasalahan tersebut akan dilakukan pembahasan lebih lanjut," tegas Kasmidi.

Sementara, Sekretaris Kabupaten Kutim, Irawansyah, berharap adanya progress pembangunan beberapa sarana pelayanan transportasi air, seperti pelabuhan juga dapat dijadikan peluang pergerakan ekonomi sehingga mampu meningkatkan PAD.

Sebelum mengakhiri rapat, Edward menjabarkan puluhan tugas dan fungsi OPD yang dipimpinnya sesuai dalam peraturan perundang-undangan.

Dia berharap sistem progress kerja yang sudah berjalan maupun penambahan tugas serta fungsi di Disperindag, mampu menumbuhkan semangat baru, untuk terus melahirkan inovasi dan kreativitas kinerja pasca mutasi. (hms15)

Reporter : Humas Pemkab Kutim    Editor : Basir Daud



Comments

comments


Komentar: 0