16 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Motor Pemadam Balasapecana, Anti Macet yang Kini Butuh Uluran Tangan


Motor Pemadam Balasapecana, Anti Macet yang Kini Butuh Uluran Tangan
Relawan Balasapecana bersama unit pemadam kebakaran roda dua yang mendapat apresiasi dari rekan aparat di lapangan. (Balasapecana for Kliksangatta)

KLIKSANGATTA.COM – Barisan Relawan Sangatta Peduli Bencana (Balasapecana) membuat inovasi dalam gerakan penanganan bencana khususnya kebakaran di Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur.

Unit Pemadam Api Roda Dua alias motor pemadam kebakaran, adalah wujud yang baru saja dibuat Balasapecana untuk membantu penanganan bencana kebakaran di area yang sulit dijangkau armada roda empat.

Rifal Fahriza, seorang relawan yang tergabung dalam Balasapecana, mengatakan saat ini baru satu unit motor pemadam yang terpasang kelengkapan penanganan. Sementara, timnya memiliki dua set alat namun kekurangan satu unit kendaraan bermotor untuk satunya lagi dengan kapasitas berbeda.

Pertama, dilengkapi dengan alkon 6,5 pk, 2 roll selang pemadam ukuran 2in dan satu nozzle. Meski sederhana, pada unit roda dua pertama telah dilengkapi dengan lampu rotary, patwal dan sirine.

“Teknis, kita memakai roda dua agar mudah masuk di area padat penduduk dan gang sempit dengan tujuan mem-backup masyarakat sambil menunggu armada Pemadam Kebakaran (PMK) datang,” jelasnya.

Sementara pada unit kedua, lanjut dia, dijelaskan berkekuatan alkon 3 pk, 2 roll selang ukurang 1,5in dan satu buah nozzle.

“Mesin ini bisa juga dijadikan portable darurta di TKP, hanya saja belum ada roda duanya untuk membawa mesin ini,” ujarnya kepada Kliksangatta.com, akhir pekan lalu.

/images/img_galeri/32MOTOR PEMADAM BALASAPECANA SANGATTA.jpg

Dalam tindakan penanganan di lapangan, Balasapecana telah membangun kerjasama dengan pihak PMK Kabupaten Kutim, dan turut serta dalam penanganan bencana lain seperti orang tenggelam sampai kecelakaan lalu lintas.

Rifal pun berbagi alamat posko dan nomor yang bisa dihubungi jika membutuhkan jasa unit mereka. Posko Balasapecana bertempat di Jalan Yos Sudarso I Gg. Nur Ilahi (Depan Masjid Nur Ilahi) dengan nomor handphone 081351148474 atas nama Rifal Fahriza.

Sebagai penutup, ia pun berharap agar ada donator, pengusaha, maupun dermawan yang berbaik hati dapat memberi timnya satu unit roda dua.

“Kami sangat berharap mendapat satu unit roda dua lagi, baik bekas atau sudah tua untuk dirakit seperti yang pertama,” kata Rifal.

Meski dalam keterbatasan, upaya Balasapecana ini mungkin tidak lah seberapa. Namun di mata kemanusiaan, setiap langkah menyelamatkan nyawa tiada nilainya. (*)

Reporter : Qadlie Fachruddin    Editor : Basir Daud



Comments

comments


Komentar: 0