19 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

DPRD Penajam Paser Utara Belajar Pemekaran Desa di Kutai Timur


DPRD Penajam Paser Utara Belajar Pemekaran Desa di Kutai Timur
Sejumlah anggota Komisi I DPRD PPU, usai kunjungan studi banding ke Pemkab Kutim (Kliksangatta/Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Pemerintah Kutai Timur (Pemkab Kutim) menerima kunjungan Komisi I DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Senin, 6 Februari 2017.

Kunjungan dalam rangka studi banding tersebut, bertujuan menggali informasi tentang tata cara pemekaran kecamatan dan desa.

"Karena persyaratan undang -undang otonomi baru untuk sebuah kabupaten itu harus memiliki lima kecamatan. Sedangkan PPU sudah 15 tahun masih 4 kecamatan," ujar Sariman, Wakil Ketua Komisi I DPRD PPU ini.

Menurut Sariman, Kutim yang awalnya hanya terdiri dari 5 kecamatan, berhasil membentuk 18 Kecamatan. Selain itu, Kutim dinilai mampu menjawab tantangan pemekaran kabupaten dengan pembangunan.

"Di Kutim ini kita lihat pemekarannya luar biasa, kita juga ingin mendorong pemerintah PPU  bagaimana pembangunan daerah dengan cepat," kata Sariman, politisi dari Partai Keadilan Sejaterah (PKS).

Dia menambahkan, dalam pemekaran kecamatan tentu juga harus didukung dengan proses pemekaran desa. Oleh karena itu, kunjungan tersebut juga sekaligus mempelajari tentang tata cara pemekaran di tingkat desa.

"Pemekaran desa ini juga untuk bagaimana mendekatkan pelayanan masyarakat. Ini yang akan kita pelajari karena di Kutai Timur ini telah berhasil terlebih dahulu," tuturnya. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Basir Daud



Comments

comments


Komentar: 0