18 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Disperindag Kutim Segera Atasi Gangguan Listrik Pasar Induk Sangatta


Disperindag Kutim Segera Atasi Gangguan Listrik Pasar Induk Sangatta
Kadisperindag Kutim, Dr.Edward Azran (Kliksangatta/Ardhan Ahmad)

KLIKSANGATTA.COM - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Kutim menjawab ihwal gangguan listrik di Pasar Induk Sangatta (PIS), yang dikeluhkan sejumlah pedagang.

"Permasalahan di pasar itu tidak ada. Permasalahanya hanya subsidi listrik yang sudah kita tetapkan di tahun 2016, itu dihapus," ujar Kepala Disperindag Kutim, Dr. Edwardd Azran, Senin, 20 Februari 2017.

Menurut Edward, defisit anggaran tahun 2016 membuat Pemkab Kutim tidak mampu membiayai subsidi listrik untuk  Pasar Induk Sangatta. Akibatnya, tagihan listrik di Pasar Induk Sangatta tidak terbayar.

“Karena dana tidak ada, gagal semua pembayaran. Karena pembayaran tidak bisa dilaksanakan akhirnya PLN mengambil lahgkah dengen menurunkan kapasitas listrik," ungkap Edward.

Dia menjelaskan, untuk mengurangi biaya pembayaran listrik, PLN mengambil langkah menurunkan daya listrik dari 40.000 Volt menjadi 30.000 Volt. Kendati menurunkan kapasitas, pembayaran juga belum bisa dilakukan.

Dengan penurunan daya menjadi  30.000 volt, yang disertai pemakaian listrik pedagang  yang membengkak, kondisi listrik di Pasar induk Sangatta, menjadi tidak normal.

"Karena ada yang pasang lampu  dua sampai tiga, kapasitas daya lampu disana membengkak, dan timbullah permasalahan ikan membusuk, karena tidak ada listrik," ujar Edward.

Karena itu, Disperindag kata Edward, akan segera mengatasi gangguan itu dengan pembayaran tagihan listrik yang terunda serta memasang kilometer listrik di setiap ruko yang ada di Pasar induk.

"Kesimpulanya kita segera benahi pembayaran listriknya. Serta jika PLN berkenan kita pasang satu Ruko satu MCD, tapi bayar sendiri, biar mau pakai banyak silakan," katanya

Sebelumya saat coffee morning, Senin, 20 Februari 2016, Bupati Kutim, Ismunandar, menyinggung keluhan pedagang terkait tidak normalnya aliran listrik di Pasar Induk Sangatta. (*)

Reporter : Ardhan Ahmad    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0