26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Disbud Kutai Timur Optimalkan Pengelolaan Galeri Seni Budaya Daerah


Disbud Kutai Timur Optimalkan Pengelolaan Galeri Seni Budaya Daerah
Kadis Kebudayaan Kutim, Iman Hidayat, bersama rombongan usai meninjau Galeri Seni Budaya Daerah (Kliksangatta/Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kutai Timur (Kutim), Iman Hidayat, bersama rombongan mengunjungi Galeri Seni Budaya Daerah, Jalan Soekarno Hatta, Sangatta Utara, Rabu, 22 Februari 2017.

Kunjungan itu dimaksudkan untuk meninjau dan memastikan keberadaan benda-benda arkeologi yang tersimpan di salah satu rumah adat yang ada di galeri tersebut.

"Galeri Seni Budaya dan benda-benda disini pemeliharaannya nanti diberikan Kepada Dinas Kebudayaan. Kita masih menunggu surat pelimpahannya dulu, ya minimal cepat ada perawatan dan pemeliharaan," ujar Iman Hidayat.

Kepala Sub Bagian Perencanaan Program, Padliansyah, SE, yang ikut rombongan tersebut mengatakan, galeri seni budaya saat ini masih dalam tahap pelimpahan dari Dinas Pendidikan ke Dinas Kebudayaan berdasarkan perubahan nomenklatur Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Awalnya memang di Disporapar terus ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, karena Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan dipisah berdasarkan OPD yang baru maka pemeliharaan dan perawatan dilimpahkan ke Dinas Kebudayaan," kata Padliansyah.

Galeri seni budaya daerah yang terletak di halaman Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kutim itu terdapat beranekaragaman jenis rumah adat daerah.

Selain itu, terdapat pula benda - benda peningalan purbakala atau artefak yang ditempatkan di salah satu rumah adat tersebut sambil menunggu terwujudnya bangunan musuem yang sudah dicanangkan sebelumnya.

"Ini sebenarnya kalau dikelola dan dipromosikan dengan baik dapat menjadi sumber penghasilan daerah sekaligus bisa menunjang sumber ekonomi masyarat. Mudah-mudahan nanti kita bisa wujudkan ini bersama," tuturnya. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0