17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Tekun Membina Karakter, Inilah Sosok Guru Mahyudin, Mahyunadi dan Kasmidi


Tekun Membina Karakter, Inilah Sosok Guru Mahyudin, Mahyunadi dan Kasmidi
Dra. Tri Astuti, M. Pd, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim) (Kliksangatta/Adnan Mallewa)

KLIKSANGATTA.COM - Dra. Tri Astuti, M.Pd, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim), dikenal sebagai sosok yang ramah dan sangat profesional di bidangnya.

Ditemui di ruang kerjanya, ibu dua anak ini dengan senang hati bercerita mengenai perjalanan karirnya di dunia pendidikan.

“Sejak 11 Januari yang lalu, saya resmi menempati tempat ini,” ujarnya, Rabu, 15 Maret 2017.

Dia mengawali karir sebagai staf pengajar berstatus honorer di SMP Singa Geweh, Sangatta Selatan sejak tahun 1984. Pada tahun 1990  dirinya berhasil mengisi formasi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMPN 1 Sangatta Utara.

“Begitu dibuka sekolah itu, saya langsung ditempatkan di sana,” tuturnya.

Sepanjang pengabdian sebagai guru, perempuan kelahiran Banjarmasin, 51 tahun silam ini, bahagia melihat siswanya menjadi pribadi yang sukses.

Beberapa diantaranya bahkan ada yang menjadi pejabat tinggi Negara, misalnya Mahyudin (Wakil Ketua MPR RI), Wahyunadi  (Ketua DPRD Kutim), Kasmidi Bulang (Wakil Bupati Kutim), dan Marsidik (Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur).

“Ada kebahagiaan tersendiri apabila bisa menyaksikan anak didik kita berhasil menjadi orang besar. Bahkan dengan Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin, masih sering berkomunikasi dengan saya lewat telpon selulernya,” katanya.

Ditanya mengenai tantangan yang dihadapinya sebagai pendidik, istri dari Soeharto, pensiunan PT. Kaltim Prima Coal (KPC) ini, bersyukur perjalanan karirnya cukup lancar. Tidak ada tantangan berarti yang dirasakan Tri Astuti. Semua dijalani dengan ketekunan dibarengi keikhlasan.

Setelah mengabdi puluhan tahun sebagai guru, Tri ingin mencoba tantangan baru di dunia pendidikan, Tri Astuti mengajukan diri untuk mengabdi di Dinas Pendidikan Kutim, dan diterima sebagai Staf Administrasi pada tahun 2005. 

Tiga tahun menjalani karir sebagai Staf Adminstrasi, dirinya pun diangkat sebagai Kepala Seksi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Disdik Kutim pada tahun 2008.

Setahun menunjukkan performa yang baik, dia dipercaya menjadi Kepala Seksi Penghargaan, Perlindungan dan Kesejahteraan, hingga akhirnya diangkat menjadi Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Kutim.

Senada dengan perjalanan karirnya, Tri juga tidak mengalami kendala menyelesaikan masa studi. Usai tamat SMA, Tri menimba ilmu Diploma Satu jurusan IPA di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Dilanjutkan ke jenjang Diploma Tiga dan Sarjana Strata Satu Jurusan Biologi. Tak sampai disitu, di sela kesibukannya sebagai pendidik, Tri menyelesaikan Master (S2) Jurusan Manajemen Pendidikan di Universitas Mulawarman.

“Semuanya berjalan dengan manis. Hanya saja, yang namanya kerja pasti ada yang dinamakan target. Target kita di bidang pendidikan, ya mau mencetak insan cendekia. Untuk mewujudkan hal itu, kita harus menciptakan pendidikan yang berkarakter, itu harus dibangun sejak dini dan tempatnya harus di sekolah.” pungkasnya.(*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0