17 Agustus 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Queen Soya akan Buka Pelayaran dari Sangatta ke Makassar dan Pare-Pare


Queen Soya akan Buka Pelayaran dari Sangatta ke Makassar dan Pare-Pare
Ilustrasi kapal Queen Soya

KLIKSANGATTA.COM - Pelabuhan Kenyamukan Sangatta, akan membuka rute Sangatta-Makassar (PP), dan Sangatta-Pare-pare (PP), menggunakan kapal Queen Soya.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, mengatakan, rute pelayaran penumpang dari Sangatta ke Makassar, dan Pare-Pare, merupakan rencana Pemkab Kutim dan manajemen Queen Soya, untuk memudahkan akses warga Kutai Timur yang ingin menuju Sulawesi Selatan menggunakan jalur laut.

“Awalnya memang ada keinginan dari manajemen Kapal Queen Soya memindahkan rute dari Bontang ke Sangatta dengan sejumlah pertimbangan. Kami sangat menyambut baik rencana ini, dan pemerintah kabupaten sangat mendukung, karena memudahkan akses warga, sekaligus membuka peluang ekonomi,” ujar Kasmidi.

Sejumlah pertimbangan memindahkan rute Queen Soya dari Bontang ke Sangatta, didasarkan pada kondisi oseanografi pelabuhan, antara lain, fluktuasi pasang surut yang tinggi, sehingga kapal terkadang tidak bisa merapat ke dermaga di saat air laut sedang surut. Disamping itu, kondisi pelabuhan Bontang yang cukup terbuka sehingga berpotensi menciptakan ombak yang lebih besar.

Di sisi lain, Pelabuhan Kenyamukan yang juga telah masuk dalam trayek Tol Laut Nasional, memiliki kondisi oseanografi yang ramah terhadap kapal. Dermaga Kenyamukan dengan kedalaman yang cukup, mampu melayani kapal sandar di saat pasang maupun surut.

Selain aspek oseanografi, pertimbangan sosial ekonomi juga termasuk dalam kebijakan pemindahan rute. Manajemen Queen Soya melihat, penumpang yang selama ini menjadi pelanggan mereka, sebagian berasal dari wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Kapan rencana rute pelayaran dibuka? Menurut Kasmidi, Pemkab Kutai Timur masih melakukan koordinasi dengan Syahbandar, dan Pemerintah Kota Pare-Pare. Apalagi, Bupati Kutai Timur, Ismunandar, menginginkan kegiatan syukuran sebelum melepas pelayaran pertama dari Sangatta, yang akan disambut Pemerintah Kota di Pelabuhan Pare-Pare.

Soal jalan pendekat pelabuhan kenyamukan yang sebelumnya menjadi kendala akses, Kasmidi memastikan pekerjaan itu telah dirampungkan TNI Angkatan Darat. “Jalan pendekat sudah tembus. Kita akan menunggu hasil koordinasi dulu. Setelah itu, pembukaan rute pelayaran yang dirangkaikan dengan syukuran,” ujarnya. (*)

Reporter : C.Setya    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0