20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pemerintah Siapkan THR Rp 5,2 Triliun untuk PNS


Pemerintah Siapkan THR Rp 5,2 Triliun untuk PNS

KLIKSANGATTA.COM - Pemerintah mulai mempersiapkan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Besaran anggaran yang disiapkan untuk pembayaran THR dan gaji ke-13 PNS tahun ini hanya naik tipis dibanding realisasi tahun lalu.

Direktur Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto menjelaskan, realisasi pencairan THR dan gaji ke-13 untuk PNS tahun lalu sebesar Rp 17,9 triliun. Realisasi tersebut terdiri dari gaji ke-13 sekitar Rp 6,5 triliun, pensiun ke-13 sebesar Rp 6,2 triliun, dan THR Rp 5,2 triliun.

"Kenaikan alokasi anggaran THR disebabkan adanya kenaikan pangkat ASN sehingga gaji pokok ikut naik. Selain itu, ada penambahan pegawai baru di beberapa kementerian/lembaga negara," beber Marwanto.

Terkait dengan pencairan dana THR, Marwanto masih menunggu finalisasi peraturan pemerintah (PP) yang masih dirumuskan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Teknis pencairannya akan diatur dengan peraturan menteri keuangan. ”Sekarang masih finalisasi PMK pencairan THR,” tuturnya.

Sebelumnya, Peraturan Pemerintah (PP) terkait pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk PNS telah selesai dibuat. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, pencairan tersebut akan dilakukan sebelum Lebaran atau Juni 2017. (*)

Reporter : C.Setya    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0