19 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ramai Peminat, Pasar Tani Murah Kutai Timur Tambah Lapak


Ramai Peminat, Pasar Tani Murah Kutai Timur Tambah Lapak
Pasar tani murah di halaman kantor BKP Kabupaten Kutim yang digelar setiap Rabu (Foto:Rusliansyah/humas)

KLIKSANGATTA.COM - Upaya untuk meningkatkan penghasilan petani terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP). Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pecahan dari Dinas Pertanian ini mempunyai cara baru untuk mewujudkan hal itu. Yakni menggelar pasar tani murah di Halaman Kantor BKP, Bukit Pelangi, Sangatta.

"Pasar tani murah ini dilaksanakan setiap Rabu, di mulai jam 8 pagi sampai 4 sore. Selain untuk meningkatkan penghasilan petani, juga sekaligus memberikan kebutuhan bagi konsumen terkait produk pertanian dengan harga murah." kata Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, BKP, Effendi Herman mewakili Kepala Dinasnya. 

Dengan adanya pasar tani murah ini, pihak BKP berharap masyarakat dapat berbelanja produk pertanian seperti sayur mayur, buah-buahan, bawang merah, cabai dan produk pertanian lain dengan harga murah langsung dari petani. Kelebihan dari produk pertanian yang dijual yakni karena selain murah barang dagangan juga masih segar. 

Ditambahkan olehnya, kepengurusan untuk melaksanakan program pasar tani murah ini sudah dibentuk. Anggotanya terdiri dari petani dan untuk BKP Kutim  hanya sebagai fasilitator. Untuk diketahui keanggotaan dari pasar tani murah ini hanya khusus untuk petani. Selain petani tidak akan mendapatkan ijin dari penyelenggara dalam hal ini BKP. Karena semua pedagang akan didata dan di survei apakah benar-benar petani atau tidak.

Tujuan awal program ini tak lain untuk lingkup petani yang ada di sekitar Jalan A Wahab Syahranie (eks Jalan Pendidikan), namun seiring berjalannya waktu ternyata banyak petani lain yang ada di Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan berminat bergabung. Sehingga lapak yang ada akhirnya dibuat semakin luas.

Seperti diketahui produk agribisnis dari petani biasanya akan dibeli oleh tengkulak dengan harga rendah, kemudian dijual kembali dipasaran dengan harga tinggi. Artinya murah bagi petani dan sangat menguntungkan bagi tengkulak.

"Pemotongan jalur distribusi dengan cara petani langsung menjual ke konsumen, dengan sendirinya pendapatan petani akan semakin tinggi. Selain untuk memotong jalur distribusi petani, tujuan lain pasar tani murah adalah untuk menyejahterakan petani. Selanjutnya bagi konsumen bisa mendapatkan harga murah, mudah didapat, tersedia setiap saat dan barangnya fresh (segar)." tambahnya. (hms11)

Reporter : Humas Pemkab Kutim    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0