17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Menyingkap Keajaiban Air Wudhu untuk Kesehatan Fisik dan Psikis


Menyingkap Keajaiban Air Wudhu untuk Kesehatan Fisik dan Psikis

Dalam kehidupan dan aktivitasnya, manusia tidak bisa terlepas dari suatu unsur yang biasa disebut ‘air’. Oleh karenanya, air menjadi sumber daya alam yang paling penting di muka bumi ini. 70% tubuh manusia tersusun dari air.Tak hanya berfungsi memenuhi kebutuhan fisik, tetapi juga berperan sebagai pemenuh kegiatan manusia. Salah satunya untuk berwudhu.

Wudhu merupakan suatu karunia dan sarana mendekatkan diri dengan Sang Pencipta yaitu Allah SWT yang dijelaskan dalam firman-Nya (Qs. Al-Furqon: 48), artinya : “Dan Kami turunkan dari langit air yang suci.”. Dalam Qs. Al-Baqarah : 222 Allah berfirman yang artinya : “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang membersihkan diri.”.Wudhu bukan hanya tentang bersuci, tetapi dengan berwudhu kita dapat merasakan dahsyat dan keajaiban di balik itu.

Dalam perkembangannya, wudhu dapat dijadikan sebagai terapi dan pelindung dari berbagai penyakit. Terdapat titik-titik akupuntur yang tersebar dalam tubuh, apabila terkena stimulus berupa basuhan, usapan, tekanan dan gesekan dapat mendorong bioenergi dalam membangun keseimbangan di dalam tubuh, sehingga memberikan efek terapi kesehatan yang dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Dewasa ini, terapi pijat air juga telah berkembang pesat di kota-kota besar, baik di rumah sakit ataupun salon kecantikan. Sistem metabolisme terhubung dengan saraf-saraf kulit. Jika disentuh dan dipijat pada bagian tertentu akan memberikan efek positif pada organ dalam tubuh lainnya, seperti ketika kita membasuh dan memijat daun telinga dapat meredakan rasa sakit dan menurunkan tekanan darah, dan lain-lain.

Perlu diketahui, kanker kulit banyak disebabkan oleh bahan kimia dan kotoran yang menempel dan terserap oleh kulit yang dapat diatasi dan dicegah dengan berwudhu. Tak hanya dapat mencegah kanker kulit, membasuh kulit dengan air wudhu juga dapat meremajakan kulit, mencegah keriput, membuat kulit wajah tampak cerah dan bercahaya, serta membersihkan kulit dari kuman. Air wudhu dapat menjaga keseimbangan pH, fungsi dari pH adalah membatasi perkembangan kuman sehingga kulit sehat dan kelembabannya terjaga. Suhu dari dalam tubuh yang panas jika bertemu dengan dinginnya air wudhu dapat menormalkan suhu dalam tubuh dan apabila ditambah dengan pijatan lembut dapat melancarkan aliran darah sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar. Selain itu, berwudhu dapat mencegah terjadinya penyakit pernafasan karena dengan menghirup air ketika berwudhu dapat membersihkan hidung dari kuman, permukaan hidung tampak cerah cemerlang dan bersih sehingga dapat mencegah terjadinya pernyakit pernafasan yang diakibatkan dari penumpukan kotoran dan kuman di dalam rongga hidung, di mana seperti yang kita ketahui hidung sebagai saluran utama masuknya udara.

Manfaat lain yang didapat dari berwudhu ialah sebagai psikoterapi, di mana psikoterapi dapat membantu seseorang dalam mengatasi gangguan psikologis atau emosional dengan cara mengubah pikiran, perasaan dan perilaku seseorang agar mampu mengembangkan dirinya. Air wudhu yang diusapkan pada kepala dapat mendinginkan ujung-ujung saraf dan memberikan rasa sejuk. Berwudhu juga dapat merangsang pengeluaran hormone endorphin dalam tubuh dan menekan pengeluaran hormon adrenalin, sehingga tubuh menjadi rileks, pikiran menjadi tenang dan mengurangi rasa marah.

Ada hal yang harus diperhatikan yaitu kebersihan dari air tersebut dan tata cara berwudhu yang baik. Air bersih yang dapat digunakan untuk bersuci, seperti air hujan, air sumur, mata air dari gunung dan lain-lain. Tata cara berwudhu yang baik dan benar ialah dimulai dari niat untuk bersuci dari hadas dan najis, seperti kentut, kotoran dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan tidak sahnya ibadah, kemudian membasuh kedua telapak tangan, berkumur, menghirup air ke dalam hidung, membasuh muka; kedua tangan sampai siku, mengusap kepala dan telinga, membasuh kedua kaki hingga mata kaki termasuk juga sela-sela jari kaki secara tertib dan berurutan, serta berdoa setelah selesai berwudhu.

Dari berbagai manfaat dan keajaiban dari wudhu dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam berwudhu di atas, dapat disimpulkan bahwa wudhu memberikan begitu manfaat kesehatan yang didapat baik secara fisik maupun psikis. Lantas akankah kita tak mengindahkannya? Jangan menjadi orang yang merugi setelah Anda mengerti namun tidak melakukannya. 

Rani Karisma Rosul

Jurusan Ilmu Keperawatan

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Malang

Reporter :     Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0