17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Cinta Tanah Air a la Rasul


Cinta Tanah Air a la Rasul
Bendera merah-putih sempat digunakan sebagai petunjuk arah bagi jemaah haji Indonesia sejak kedatangannya di Mekkah. (ts)

KLIKSANGATTA.COM - Nabi Muhammad SAW sebagai teladan umat memiliki kecintaan luar biasa pada tanah airnya, Mekkah.

Bahkan, saking cintanya, menurut berbagai sumber sejarah disebutkan bahwa Rasul meneteskan air mata saat melihat Kota Makkah untuk berhijrah ke Madinah. Begitu juga yang dirasakan para sahabat. Mereka terkena demam sampai mengigau karena merindukan Makkah tanah kelahirannya.

Rasulullah sendiri dikisahkan dalam beberapa hadis juga memiliki rasa cinta terhadap tanah airnya.

Ibnu Abbas dalam hadis riwayat al-Tirmidzi menjelaskan betapa cinta dan bangganya Rasul pada tanah kelahirannya. Rasa cinta tersebut terlihat dari ungkapan beliau terhadap Mekah. Beliau mengatakan, “Alangkah indahnya dirimu (Mekah). Engkaulah yang paling kucintai. Seandainya saja dulu penduduk Mekah tidak mengusirku, pasti aku masih tinggal di sini” (HR: al-Tirmidzi).

Tidak hanya Mekah yang dicintai Rasul, Madinah pun juga demikian. Dikisahkan oleh sahabat Anas dalam hadis riwayat al-Bukhari, ketika Rasulullah pulang dari perjalanan jauh, beliau mempercepat kendaraannya (unta) saat melihat dinding kota Madinah, karena cintanya pada Madinah (HR: al-Bukhari).

Dilihat dari sejarahnya, sangat wajar bila Rasulullah SAW mencintai dua negeri ini: Mekah sebagai tempat kelahiran beliau dan Madinah sebagai tempat hijrah Rasul. Sebab itu, rasa cinta tanah air atau nasionalisme bukanlah paham thagut dan kafir sebagaimana dituduhkan oleh sebagian kelompok. (*)

Reporter : Berbagai sumber    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0