16 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ismunandar, Sosok Dibalik Suksesi PAUD Kabupaten Kutai Timur


Ismunandar, Sosok Dibalik Suksesi PAUD Kabupaten Kutai Timur
Bupati Kutim Ismunandar dan Bunda PAUD Kutim, Encek UR Firgasih bersama jajaran Dinas Pendidikan serta siswa PAUD dalam acara Gebyar PAUD dan launching pencanangan program gerakan nasional pembelajaran aku anak jujur di Bukit Pelangi baru-baru ini. (Foto: Imran)

KLIKSANGATTA.COM - Ismunandar adalah sosok pemimpin yang perduli pendidikan. Selain kebijakannya yang mendorong pendidikan gratis pada sejumlah sekolah tinggi, ia juga dikenal sebagai figur yang perduli akan seluruh jenjang pendidikan, tidak terkecuali terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 

Sebut saja kebijakannya dalam meningkatkan layanan PAUD yakni pemberian insentif  terhadap guru PAUD melalui APBD Kabupaten Kutai Timur. Tidak hanya insentif untuk guru PAUD formal seperti TK dan RA, tapi juga bagi PAUD non-formal yakni TB, TPA dan SPS.

Bagi Ismu-panggilan akrab alumni SMAN 1 Samarinda ini, pendidikan anak usia dini merupakan hal yang penting untuk mendapat perhatian. Sebab, pendidikan anak usia dini bukan saja menjadi pembelajaran awal untuk melatih kemampuan dan kecerdasan, tapi juga sebagai langkah pertama dalam membentuk keperibadian anak yang seahat, cerdas, ceria dan berkarakter menuju Indonesia Emas.

“Mari kita sama-sama terus memberikan perhatian dan dukungan terhadap masa depan anak-anak kita,” ujar Ismu

Dalam segi pembangunan infrastruktur pendidikan, khususnya dibidang PAUD, pria kelahiran Samarinda, 7 Agustus 1960, ini juga telah ia buktikan. Seperti halnya pembangunan prasarana TK Negeri yang ditempatkan di ibu kota kabupaten dan 20 TK Negeri yang disebar di 18 kecematan. Bahkan ia telah merencanakan penambahan pembangunan 5 TK Negeri pada tahun 2018 mendatang.

Tidak sampai disitu, selama menjabat sebagai Bupati Kutai Timur periode 2016-2021, ayah dari dua orang anak ini tidak henti-hentinya memberikan dukungan terhadap program-program PAUD yang berkualitas, seperti pelaksanaan program 1 Desa 1 PAUD yang hingga saat ini sudah mencapai 98 persen.

“Program ini berimplikasi pada angka partisipasi kasar (APK) PAUD di Kutai Timur yang sebesar 77,03 persen,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kutai Timur, Akhmadi Baharudin, melalui Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini, Heri Purwanto, yang bangga dengan kiprah Ismu, Kamis, 29 September 2017.

Sementara dari segi pengembangan, suami dari Hj. Encek U.R Firgasih SH ini juga telah mendukung beberapa terobosan sinergistias dengan Kementerian Pendidikan Nasional. Hal ini dapat dilihat dari program nasional yang dicanangkan di Kutai Timur seperti pencanangan program PAUD berkualitas, pencanangan program gerakan nasional pembelajaran aku anak jujur dan juga kesediaannya dalam melaksanakan program penuntasan PAUD 1 tahun Pra-SD serta penerbitan Peraturan Bupati (Perbub) tentang PAUD Holistik Integratif.

“PAUD Holistik Integratif merupakan pengembangan usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam, meliputi aspek fisik dan non-fisik. Termasuk mental, emosional dan sosial,” timpal Heri.

Selain itu, pengangkatan tenaga honorer pada lembaga PAUD Negeri tenaga kerja kontrak daerah serta pemberian bantuan oprasional daerah (BOP) bagi PAUD untuk TK, KB, TPA dan SPS yang siswanya belum ter-input dalam sistem data pokok pendidikan (Dapodik) pun ia terapkan, di samping memberikan motivasi dan semangat dalam meningkatkan dan mengembangkan PAUD di seluruh kecamatan, melalui memberikanpenghargaan dan apresiasi kepada Camat dan Kepala UPT Pendidikan Kecematan yang berprestasi dalam menigkatkan tingkat angka Dapodik dan Akreditasi lembaga PAUD.

Partisipasi dalam memberikan dukungan terhadap program Dapodik PAUD dalam meningkatkan angka dari 1,121 anak pada Desember 2017 menjadi 9.897 anak pada Agustus 2017 serta dukungan dalam meningkatkan jumlah Akreditasi PAUD dari 9 lembaga menjadi 48 lembaga yang terhitung dari Desember 2016 hingga Per-Agustus 2017 menjadi pelengkap dan bukti kepedulian Bupati alumni SMPN 2 Samarinda tahun 1975 ini tehadap dunia pendidikan.

Sebelum menjabat sebagi Bupati Kutai Timur, Ismunandar mengawali karir berokrasinya sebagai Kasie Pengujian Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)  tahun 1999. Kurang lebih satu tahun mengabdi sebagai kasi pengujian, alumni SD AI Khoriyah Samarinda tahun 1972 ini kemudian dipindahkan pada instansi yang sama yakni Dinas PU Kaltim menjadi Kasie Perencanaan Program pada 12 Februari 2001.

Karir alumni S1 Universitas Merdeka Malang (Tekhnik Sipil) 1986 mulai menanjak setelah di tahun 2001. Ia menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Dinas PU Kota Bontang. Berkat kerja keras dan keuletannya, alumni Spesialis – 1 Internasional Institute For Aerospace and Earth Sciences the Netherland tahun 1988 ini, hanya berselang beberapa bulan ia kemudian berhasil menjabat sebagai Kepala Dinas PU Kota Bontang, tepatnya pada 4 Desember 2001.

Selama satu tahun menjabat sebagai Kepala Dinas PU Kota Bontang, alumni S2 Universitas Gajah Mada Yogyakarta ilmu perencanaan kota dan daerah tahun 1999 ini kemudian dipercaya sebagai Asisten Administrasi Pembangunan Kota Bontang pada tahun 2002 sampai dengan 2003, hingga kemudian dimutasi ke Kutai Timur dan menjabat sebagai Kepala Dinas PU.  Selama satu tahun bergalut sebagai Kepala Dinas PU Kutai Timur, ia kemudian dimutasi dan menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Timur priode 2004-2006.

Tepat pada 23 Juli 2006, Ismu yang semasa kecilnya mengahbiskan waktunya di Kecematan Sangkulirang sejak kelas 1 SD sampai dengan kelas 5 SD ini tetap semangat mengabdikan hidupnya untuk membagun daerahnya, ia kemudian dipercaya menjabat sebagai Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Kutai Timur.

Kurang lebih empat tahun bergelut dengan sistem dan pergerakan ekonomi pemeritahan, yakni pada 5 Maret 2017, Ismu akhirnya menduduki puncak jabatan tertinggi birokrasi Pemkab Kutai Timur yakni sebagai Sekretaris Daerah.

Sejalan dengan karirnya, Ismu juga dikenal sebagai sosok yang gemar berorganisasi. Berbagai organisasi yang ia ikuti, baik sebelum dirinya menjadi orang nomor satu di Kutai Timur, maupun setelah resmi dilantik sebagai Bupati bersama Wakilnya, Kasmidi Bulang di Plenary Hall Sempaja Samarinda, 17 Februari 2017 lalu.

Adapun organisiasi atau lembaga yang mengiringi perjalanan karir Bupati Kutai Timur, Ir. H. Ismunandar, MT, yakni sebagai Ketua PC Nahdatul Ulama Kutai Timur, periode 2006-sekarang, Ketua KAHMI Kutai Timur, periode 2004-sekarang, Ketua Dewan Kesenenian Daerah, priode 2011-Sekarang, Ketua Umum PSSI Kutai Timur, periode 2001-sekarang, Ketua PABSI periode 2004-sekarang, Ketua Kempo Kutai Timur, periode 2010-sekarang, Ketua PMI Kutai Timur, periode 2012-sekarang, Ketua Kerukunan Warga Sangkulirang (KWS) Kutai Timur dan sebagai Korwil Kaltim – Kerukunan Bubuhan Banjar Kutim, Bontang dan Berau. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0