18 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ini Caranya Bangun Hubungan Ayah dan Anak di Weekend


Ini Caranya Bangun Hubungan Ayah dan Anak di Weekend
Ilustrasi

KLIKSANGATTA.COM - Kesibukan ayah dengan pekerjaannya tentu membuat waktu bersama anak-anak menjadi sangat sedikit. Anak-anak yang sudah sibuk dengan tugas sekolah dan aktivitas lainnya juga bisa membuat keadaan menjadi canggung saat bertemu ayah di akhir pekan. Tentu hal ini perlu dihindari antara ayah dan anak.

Sebagai ayah, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan bersama anak. Tak harus mengajak anak keluar rumah, di sekitar rumah pun ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mempererat hubungan ayah dan anak.

1. Bersepeda bersama menjalin keakraban

Ayah dan anak bisa bersepeda mengelilingi komplek perumahan atau bahkan menempuh rute yang agak jauh. Kegiatan ini bisa dilakukan mulai pagi hari saat udara masih segar. Persiapkan semua kebutuhan seperti air minum dan juga performa sepeda.

Tak hanya sekedar bersepeda, di jalan pun ayah dan anak bisa saling berkomunikasi tentang hal baru yang mereka dapatkan. Ayah bisa mengajak untuk tertib berlalu lintas dan banyak hal lain di jalan yang bisa dilakukan. Usahakan untuk pulang sebelum makan siang. Sehingga masih ada waktu di rumah untuk beristirahat sambil membersihkan sepeda yang baru saja dipakai.

2. Ayah dan anak memasak menu kesukaan mereka

Hal sederhana yang mungkin jarang sekali dilakukan oleh seorang ayah adalah memasak. Jika biasanya kegiatan memasak didominasi oleh ibu, kini waktunya ayah memasak bersama anak-anak. Sebelum beranjak ke dapur, ada baiknya diskusikan menu apa yang akan dimasak sehingga ayah dan anak bisa berbelanja bersama mencari bahan masakan.

Menjalin keakraban dan saling bertukar pikiran tentang hal yang sama sekali baru untuk ayah tentu menjadi sebuah pengalaman tersendiri. Saat bahan masakan sudah siap, ayah dan anak bisa asik bereksplorasi dengan bahan makanan dan menu yang akan dihidangkan. Makan siang akhir pekan menjadi spesial karena dimasak oleh ayah dan anak.

3. Bermain perang-perangan 

Kegiatan aktif yang bisa dilakukan oleh ayah dan anak-anak saat akhir pekan adalah perang-perangan. Mengatur strategi dan skenario perang yang telah disepakati akan membuat seisi rumah bak arena perang yang seru. Ayah dan anak bisa menggunakan pistol mainan untuk membuat aksi perang semakin atraktif.

4. Belajar cinta lingkungan

Mengajari anak untuk lebih cinta lingkungan juga bisa dijadikan agenda akhir pekan yang menarik. Siapkan beberapa bibit pohon untuk ditanami bersama. Atau halaman di belakang rumah yang sudah asri dipenuhi pepohonan kecil bisa direspon untuk kemudian melakukan kegiatan berkebun.

Ayah bisa mengajari cara mencangkok atau membuat pupuk untuk menjaga kesuburan tanah dan kesehatan tumbuhan. Ayah dan anak juga bisa merencanakan membuat taman hidroponik sederhana. Dengan begitu ada agenda rutin yang dilakukan setiap minggu untuk menjaga tanaman berkembang dan tumbuh subur hingga panen.

5. Asah kreativitas dan jiwa seni

Jika ayah dan anak memiliki jiwa kreatif tentunya tak ada masalah untuk membuat prakarya sederhana dari barang- barang bekas. Hal sederhana yang bisa dilakukan seperti membuat robot atau bunga dari kardus bekas dan kaleng-kaleng bekas susu bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.

Selain berimajinasi dan menghasilkan karya sendiri, ayah bisa mengajari anak untuk mencintai lingkungan dengan memanfaatkan barang-barang bekas tak terpakai.

Setelah jadi, ayah dan anak bisa melanjutkan dengan mewarnai sehingga hasilnya tampak lebih bagus. Ada banyak referensi dari buku-buku ataupun internet untuk memulai membuat prakarya sederhana di rumah. Ayah bisa mencari ide dari barang yang ada di rumah dan menjadikannya sesuatu hal yang lebih menarik.

Itu dia beberapa kegiatan sederhana yang bisa dilakukan ayah dan anak bersama. Tak harus mengeluarkan biaya mahal dan pergi keluar kota untuk mengakrabkan diri. Malah kegiatan yang dekat dengan keseharian membuat ayah dan anak semakin dekat karena ada hal yang bisa terus dibahas saat bertemu.

Reporter : Berbagai Sumber    Editor : Administrator



Comments

comments


Komentar: 0