19 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Jalan Kaki 80 Km, Cara Kompak Rayakan Hari Jadi Kabupaten Kutim


Jalan Kaki 80 Km, Cara Kompak Rayakan Hari Jadi Kabupaten Kutim
Tim Napak Tilas dari KOMPAK setelah tiba di Kota Sangatta, Rabu (11/10/2017). (Foto: Ardan)

KLIKSANGATTA.COM - Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang ke-18 tahun, mulai dari pergelaran pesta rakyat, Pekan Raya Expo hingga Pawai Budaya.

Berbeda dengan Komunitas Pencinta Alam Kutai Timur (Kompak), organisasi peduli lingkungan yang merayakan HUT Kutim di usia remaja ini dengan menggelar Napak Tilas dari Tanjung Santan (Kutai Kartanegara atau Kukar) sampai kawasan Bukit Pelangi Sangatta (Kutim). Titik start yang diambil diketahui sebagai salahsatu daerah perbatasan Kabupaten Kutim.

Napak Tilas dilakukan empat orang pemuda di antaranya Ramlan, Aburahim, Muhajir, serta Muhamad Imran. Mereka melakukan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 80 km menyusuri jalan poros Bontang-Sangatta-Samarinda.

Perjalanan yang dimulai pada Senin pukul 05.30 wita itu bertujuan mengingatkan kembali masyarakat Kutim khususnya mengenai hari jadinya pasca berpisah dari Kabupaten Kukar pada tahun 1999.

Ketua Tim Napak Tilas, Ramlan, menuturkan selain untuk mengorek kembali ingatan masyarakat  Kutim pada hari jadi yang jatuh setiap 14 Oktober, kegiatan ini juga dirangkai dengan sosialisasi bagi masyarakat pentingnya menjaga lingkungan hidup.

"Perayaan Napak Tilas ini rangkaian HUT Kutim, adapun selama perjalanan kami bersosialisasi kepada masyarakat pertama mengenai larangan penebangan pohon, dan ajakan penanaman pohon ditingkat pelajar," ungkap Ramlan.

Selain itu, kepada masyarakat yang ditemui selama perjalanan diajak untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan masyarakat masing-masing.

"Kedua kami juga melakukan himbauan kepada masyarakat, untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sungai disetiap pemukiman penduduk yang kita lewati," terang Ramlan.

Saat ini tim Napak tilas sudah berada di pusat kota Sangatta. Rencanaya akan melanjutkan perjalanan menuju Kantor Bupati besok pagi, Kamis 12 Oktober 2017. (*)

Reporter : Ardhan Ahmad    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0