22 Februari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kebun Sawit Tua Milik Rakyat Dapat Peremajaan


Kebun Sawit Tua Milik Rakyat Dapat Peremajaan
Ilustrasi perkebunan sawit. (Dok Kliksangata)

KLIKSANGATTA.COM- Perkebunan Kelapa Sawit milik rakyat di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mendapat angin segar. Pemerintah pusat memulai Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di mana seluruh peremajaan ditanggungnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan, program peremajaan yang menyasar lokasi perkebunan sawit tua itu direncanakan seluas 4.400 hektare.

"Ini kalau sudah besar, produksinya bisa delapan ton per hektare, beda dengan yang usianya 20-25 tahun yang produksinya hanya dua ton per hektare," katanya dalam pernyataannya di Musi Banyuasin, Jumat 13 Oktober 2017.

Jokowi mengatakan, peremajaan kelapa sawit tidak akan hanya berhenti di Musi Banyuasin. Ke depan, peremajaan akan dilakukan di wilayah lain, seperti; Riau, Jambi, Kalimantan.

Tapi, untuk tahun ini, peremajaan sawit akan dilakukan di Sumatera terlebih dahulu. Setelah itu, baru peremajaan dilakukan di Kalimantan.

"Supaya gampang dikontrol dan dicek," katanya.

Darmin Nasution, Menko Perekonomian sebelumnya mengatakan, agar peremajaan kelapa sawit nantinya tidak mengganggu hidup petani, pemerintah akan memberikan fasilitas kredit usaha rakyat untuk digunakan sebagai modal menanam tanaman tumpangsari. "Dengan itu diharapkan mereka bisa membiayai hidup mereka," katanya. (*)

Reporter : Kontan.co.id    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0