20 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Lemtari Kaltim Hadiri Workshop Hak Konstitusional Masyarakat Adat Nasional


Lemtari Kaltim Hadiri Workshop Hak Konstitusional Masyarakat Adat Nasional
Lemtari Kaltim dalam Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara Bagi Masyarakat Adat, di Gedung Pusat Pendidikan Pancasila dan Konsitusi, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. (Foto: Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Lembaga Tinggi Masyarakat Adat Republik Indonesia (Lemtari) Kalimantan Timur (Kaltim), mengikuti Sosialisai Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara Bagi Masyarakat Adat, di Gedung Pusat Pendidikan Pancasila dan Konsitusi, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Sekretariat Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia bersama Pimpinan Pusat Lemtari dan berlangsung empat hari yakni Senin hingga Rabu, 09-12 Oktober 2017.

"Ini sangat berguna bagi kami, bagaimana kita memahami dan nantinya bisa meperjuangkan hak-hak konstitusional sebagai warga negara dan masyarakat adat," ujar Ketua DPD Lemtari Kaltim, Syarifah Wahida Tajang.

Sejumlah materi dan fasilitator dihadirkan dalam sosialisasi ini. Di antaranya wawasan kebangsaan yang dibawakan oleh Brigjen Pol Mulyanto, SH, MH, reaktualisasi implementasi pancasila oleh Prof Dr. Udin Sarifudin Winataputra, M. A, konsitusi dan konsitusional Indonesia oleh Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH.

Kemudian sistem penyelanggaraan negara menurut Undang-Undang Dasar 1945 oleh Susi Dwi Harijanti, SH, LLM, Ph.D serta Mahkamah Konsitusi dalam sistem ketatanegaraan Indonesia oleh Dr. Gaffar, M.Si.

Agenda ini diikuti ratusan peserta Lemtari dari berbagai provinsi yang berbeda seperti Provinsi Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, NTB, NTT, Papua, Maluku, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

"Ada 155 peseta, Kalau dari Kaltim 18 orang termasuk juga pungurus Lemtari dari Kabupaten Kutai Timur," kata Syarifah.

Ardiansyah, selaku pengurus asal Kutai Timur yang hadir bersama pengurus lainnya seperti Andi Haris dan Abdul Gapoer, Deanita Maulana, Agus Heriyanto, Joko Wahyono, Firda Husnia, Habibi, Suharman, Halidin Katung, Jariansyah, Heny Afriyani, Sarapah, Yulia Bua Bang, dan Saharudin Sidik itu merasa bangga dapat hadir dalam kegiatan yang keseluruhan biayanya ditanggung oleh MK.

"Kita bersyukur bisa mengikuti kegiatan seperti ini, bisa jalan-jalan sekaligus mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat. Dari hasil kepesertaan ini, kita juga mendapatkan sertifikat," tutur Ardiansyah. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0