20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kapolda Instruksikan Kades Buat Papan Informasi Dana Desa


Kapolda Instruksikan Kades Buat Papan Informasi Dana Desa
Papan informasi perencanaan dan penggunaan Dana Desa tahun 2017 yang telah dipasang di sejumlah desa di Kutim. (Istimewa)

KLIKSANGATTA.COM - Demi transparansi anggaran di Kabupaten Kutim, Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin, meminta masing-masing kepala desa (kades) agar membuat papan informasi penggunaan Dana Desa (DD) berupa baliho.

"Kami minta Kades membuat papan besar mencantumkan pengelolaan Dana Desa. Berapa jumlahnya, dikelola untuk apa saja, serta pertanggungjawabannya seperti apa,” ungkap Safaruddin, Jumat 20 Oktober 2017.

Hal tersebut dikatakan Safaruddin agar penggunaan DD yang merupakan program pemerintah pusat dapat lebih maksimal dan transparan penggunaannya. Hal itu juga memudahkan fungsi pengawasan baik oleh aparatur maupun warga desa.

Dengan adannya MoU antara Kapolri dengan Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) serta Kementrian Pembangunan Desa Tertinggal (Kemdes-PDT) terkait keikutsertaan kepolisian dalam pengawasan DD, pembuatan baliho yang merincikan alokasi DD dapat menghindari terjadinya penyelewengan DD di desa.

"Dana Desa rawan terjadi penyimpangan, untuk itu Polda, Polres, Babinkantibmas ikut mengawasi dana desa, termaksud mendorong supaya transparan dan terbuka," katanya. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kutim Ismunandar merespon positif langkah pembuatan baliho penggunaan Dana Desa. Dikatakan, baliho itu juga dapat mencantumkan Alokasi Dana Desa (ADD) sehingga masyarakat juga dapat melakukan pengawasan.

"Sangat bagus, di Kutim sendiri sudah ada beberapa desa yang lebih dahulu melakukannya seperti di Desa Karangan Ilir, masyarakat nantinya juga bisa mengetahui program di desa, " tutur Ismunandar. (*)

Reporter : Ardhan Ahmad    Editor : Administrator



Comments

comments


Komentar: 0