26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

18 Paguyuban Meriahkan Karnaval Budaya Pelas Tanah


18 Paguyuban Meriahkan Karnaval Budaya Pelas Tanah
Karnaval Budaya dalam rangkaian penutupan Pelas Tanah II 2017 di Sangatta, Kutim. (Imran)

KLIKSANGATTA.COM - Karnaval Budaya dalam rangkaian Pesta Adat Pelas Tanah dan Pesona Budaya Kutai Timur 2017 diikuti puluhan peserta dari paguyuban dan etnis nusantata, Sabtu, 28 Oktober 2017.

Dengan pakaian dan ornamen khas daerah masing-masing, barisan pawai budaya dilepas secara simbolis oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar di garis start depan Kantor Kecamatan Sangatta Utara, Jalan Diponegoro.

"Ini lah bentuk kebersamaan kita, semoga dengan adanya acara ini jalinan silahturahmi kita dapat terjalin dengan baik," ujar Ismunandar. 

Kepada setiap paguyuban, Isumandar berharap agar senantiasa menjalin kebersamaan dan terus menjaga stabilitas daerah yang aman dan kondusif. Pelaksanaan pesta adat yang diikuti seluruh paguyuban, sebagai bukti keharmonisan meskipun Kutai Timur merupakan daerah yang multi kultur. 

"Agar terap aman, nyaman, tentram dan damai, mari bersama kita jaga Kutai Timur yang kita cintai ini," kata Ismunandar.

Sebelumnya, Kadisbud Kutim Imam Hidayat melalui Kabid Cagar Budaya dan Permuseuman Budi Amuranto megungkapkan, pergelaran Karnaval Budaya dalam rangkah Pesta Adat Pelas Tanah dan Pesona Budaya Kutim 2017 rencanya akan diikuti 18 peserta dari berbagai paguyuban. Semua peserta pesera diwajibkan melakukan registrasi sebelum pelaksanaan acara dimulai. 

"Setiap rombongan peserta dari paguyuban ini nantinya membawa anggotanya sebanyak 40 orang, ini wajib dilakukan agar acara berlangsung ramai," tutur Budi, yang merupaka bagian dari tim persiapan Karnaval Budaya. 

Pelaksanaan Pawai Budaya dalam rangkaian Pesta Adat Pelas Tanah dan Pesona Budaya Kutai Timur 2017 mengambil rute dari Jalan Sudirman, Jalan Karya Etam, Jalan A Yani, patung singa, Jalan Wolter Mungusidi, Jalan Diponegoro dan kembali di Kantor Kecamatan Sangatta Utara.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, kerabat Kesultanan dan Putra Mahkota Pangrran Kutai Kertanegara Sultan Haji Aji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat, Ketua Adat Besar Kutai Kutim H Sayyid Abdal Nanang Al-Hasani, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kutim. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Administrator



Comments

comments


Komentar: 0