17 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Heboh 11 Pangeran Arab Ditangkap atas Dugaan Korupsi


Heboh 11 Pangeran Arab Ditangkap atas Dugaan Korupsi
Mohammad bin Salman dalam sebuah acara di TV Al Arabiya pada bulan May tahun ini. (AP)

KLIKSANGATTA.COM – Pemerintah Arab Saudi melalui Komite Antikorupsi yang baru dibentuknya menggemparkan dunia. Sebabnya, sejumlah pangeran kerajaan beserta menteri aktif serta miliarder ditahan karena diduga terlibat korupsi.

Mengutip New York Times, Minggu (5/11/2017), Arab Saudi mengumumkan penangkapan pada Sabtu malam terhadap miliarder terkemuka Pangeran Alwaleed bin Talal, ditambah setidaknya 10 pangeran lainnya, empat menteri dan puluhan mantan menteri. Namun, tak lama jumlah Pangeran yang ditahan bertambah menjadi 11 orang.

Ihwal penangkapan dilakukan Al Arabiya, jaringan televisi  satelit milik Saudi yang siarannya disetujui secara resmi oleh Kerajaan.

Dilaporkan, Komite Antikorupsi Arab Saudi yang dipimpin putra mahkota Pangeran Mohammad bin Salman, menahan para pangeran, menteri dan mantan menteri dan terakhir Alwaleed bin Talal.

Nama terakhir itu ialah pangeran yang masuk dalam daftar orang kaya dunia itu ditahan bersama Pangeran lainnya.

Penangkapan Pangeran Alwaleed dinilai akan mengirimkan gelombang kejut baik melalui Kerajaan maupun pusat keuangan utama dunia.

Dia mengendalikan perusahaan investasi Kingdom Holding dan merupakan salah satu orang terkaya di dunia, dengan saham utama di News Corp, Time Warner, Citigroup, Twitter, Apple, Motorola dan banyak perusahaan terkenal lainnya.

Pangeran Alwaleed juga mengendalikan jaringan televisi satelit yang ditonton di seluruh dunia Arab. (*)

Sumber : NYTimes/Reuters

Reporter : Andi Marta    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0