18 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Sangkulirang Rock Arts Rajai Situs Sejarah Terpopuler Indonesia 2017


Sangkulirang Rock Arts Rajai Situs Sejarah Terpopuler Indonesia 2017
Bupati Kutim Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang merayakan kemenangan Sangkulirang Rock Arts dalam API 2017 di Jakarta, Sabtu (25/11/2017). (Ist)

KLIKSANGATTA.COM - Sangkulirang Rock Arts (SRA) atau gambar cadas telapak tangan dinobatkan menjadi Juara I sekaligus Juara Favorit di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 kategori Situs Sejarah Terpopuler.

Penobatan tersebut diberikan Kemenpar Arief Yahya melalui Sekretaris Kememper Ukus Kuswara kepada Bupati Kutim Ismunandar di Studio Metro TV, Kedoyo, Kebun Jeruk, Jakarta, Sabtu malam, 25 November 2017.

"Kemenangan ini kemenagan masyarakat Kutai Timur, kita berharap agar masyarakat terus ikut mendorong dan termotivasi agar Sangkulirang Rock Arts lebih dikenal bukan hanya di Indonesia akan tetapi di mancan negar," ujar Ismunandar. 

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang menambahkan, keberhasilan Sangkulirang Rock dalam nomisasi favorit Situtus Sejarah Terpopuler merupakan sejarah baru untuk Kutai Timur. Kemenangan ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan seluruh lembaga-lembaga adat di Kutai Timur. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua masyarakat atau lembaga-lembaga, baik itu lembaga paguyuban atau apa saja yang telah membuat kita kemaraih kemenangan dua juara sekaligus pada malam hari ini. Kita juga meraih piala favorit," katanya. 

Sebelumnya, Ketua penyelenggara Nanda Satria Azwar menjelaskan, ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 merupakan pelaksanaan kali kedua setelah sebelumnya dimulai pada 2016. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan industri pariwisata yang masih banyak memiliki ruang di banding negara-negara Asean lainnya. 

“Indonesia banyak memiliki objek wisata yang harus dan dapat terus di bangun dan di promosikan untuk menarik wisatswan," tuturnya. 

Jumlah witawan yang masuk ke Indonesia sebelumnya, lanjut dia, masih kalah dengan pengujung yang ada thailan. Namun di tahun 2017, jumlah Wisman pada tahap pertama sudah menjadi terpesat Asean mengalahkan Thailand, Malasiya dan Singapura.

Untuk itu, ia berharap pelaksanaan Anugrah Pesona Indonesia yang digelar pada tahun 2016 lalau juga dapat memberikan andil untuk kemajuan dan perkembangan Industri Pariwisata tahun ini.

"Selama bulan Juni sampai Oktober 2017 ini terdapat 4,5 juta tautan di intenet dan lebih dari 32 ribu pemberitaan mengenai kegiatan ini dimedia online. Diperkirakan pula ada lebih 5 juta posting dan share di Media Sosial," kata Nanda. Belum terhitung pula jumlah promosi lokal yang dilakukan pemerintah daerah maupun pengerak pariwisata dalam mempromosikan wisata daerahnya masing-masing. 

Pada penyelenggaraan API 2017, jumlah suara yang masuk terhitung sebanyak 213.820. Angka tersebut meningkat 26 persen atau naik 5.442 suara dari pelaksanaan API 2016. Kenaikan tersebut juga di barengi kuota suara luar negeri yang di dominasi dari Amerika Serikat. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0