17 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Raih Juara, Ismu Dorong Pembangunan Akses Jalan Menuju Sangkulirang Rock Arts


Raih Juara, Ismu Dorong Pembangunan Akses Jalan Menuju Sangkulirang Rock Arts
Bupati Kutim Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang merayakan kemenangan Sangkulirang Rock Arts dalam API 2017 di Jakarta, Sabtu (25/11/2017). (Ist)

KLIKSANGATTA.COM – Meraih penghargaan sebagai Situs Sejarah Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, membuat Pemkab Kutai Timur menggenjot pembangunan infrastruktur menuju Sangkulirang Rock Arts (SRA) yang merupakan bagian dari bentang Karst Sangkulirang-Mangkalihat.

Untuk dapat menikmati SRA atau gambar cadas yang berada di dinding-dinding goa karst, Pemkab menilai perlunya pembenahan segi infrastruktur sejumlah jalan sehingga dapat dikunjungi.

Diharapkan, upaya itu dapat menarik kunjungan wisatawan ke Kutai Timur. Pembenahan itu rencananya juga melibatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Saya berharap Dinas PU meminta pemerintah provinsi untuk menyelesaikan jembatan dan jalan di sana, termasuk juga jalan (menuju Karst) Mengkuris sebagai jalan untuk mendekati destinasi wisata karst," ujar Bupati Kutai Timur Ismunandar  awal pekan ini, Senin, (27/11).

Selain infrastruktur, pembenahan dan pemberian ruang terhadap masyarakat Dayak Basap yang melaksanakan kearifan lokal di sejumlah lokasi wisata juga diharapkan. Seperti halnya ritual adat bagi pengunjung sebelum memasuki kawasan karst.

"Untuk itu kita rencanakan di mana tempat ritualnya, di mana tempat istirahatnya. Ini tentu juga menjadi salahsatu daya tarik bagi wisatawan," kata Ismunandar.

Seperti diwartakan sebelumnya, Sangkulirang Rock Arts (SRA) atau gambar cadas telapak tangan dinobatkan menjadi pemenang Juara I sekaligus Juara Favorit di ajang Anugrah Pesona Indonesia (API) 2017 kategori Situs Sejarah Terpopuler.

Anugrah penobatan tersebut diberikan Kemenpar Arief Yahya melalui Sekretaris Kemenpar Ukus Kuswara kepada Bupati Kutim Ismunandar di Studio Metro TV, Kedoyo, Kebun Jeruk, Jakarta, Sabtu malam (25/11/2017). (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Administrator



Comments

comments


Komentar: 0