19 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Cina Lanjutkan Tren Pengurangan Impor Batu Bara


Cina Lanjutkan Tren Pengurangan Impor Batu Bara
Pembangkit listrik tenaga batubara di Shanxi, China. Beijing. (WSJ)

KLIKSANGATTA.COM – Ditengarai ingin mengurangi polusi udara, Cina disebutkan sedang mengurangi permintaan impor terhadap batubara.

Menurut data Thomson Reuters Supply Chain and Commodity Forecast, impor China melalui jalur laut untuk pengiriman November turun menjadi 18,26 juta ton. Padahal pada Oktober lalu, angkanya mencapai 20 juta ton.

Reuters mencatat, penurunan ini beruntun dalam empat bulan terakhir. Namun, data ini tidak mencakup pengiriman melalui jalur darat, yakni kargo menggunakan kereta api.

Adapun, pada data tersebut, pengiriman November Indonesia ke China turun menjadi 9,13 juta ton dari sebelumnya 10,11 juta ton pada Oktober.

Asal tahu saja, Indonesia mengimpor ke China batubara peringkat rendah, lignite, yang digunakan untuk fasilitas pembangkit listrik. Biasanya, batubara ini akan dicampur dengan produk nerkualitas tinggi untuk meningkatkan nilai energinya.

Per 6 Desember 2017, harga batubara Newcastle untuk kontrak pengiriman Januari 2018 di ICE turun 0,93% menjadi US$ 95,50 per metrik ton. (*)

Reporter : Ayub Fardani    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0