23 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pendidikan Vokasi Dipandang Perlu Tingkatkan Pendidikan SDM Desa


Pendidikan Vokasi Dipandang Perlu Tingkatkan Pendidikan SDM Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Eko Putro Sandjojo. (Int)

KLIKSANGATTA.COM – Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah pada sebagian besar perdesaan ditengarai sebagai kendala percepatan pembangunan kawasan perdesaan. Untuk mengatasi itu, pendidikan vokasi dapat menjadi langkah tepat mengatasinya.

“Kurangnya kualitas tenaga kerja mempengaruhi berbagai program percepatan pembangunan kawasan perdesaan,” ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo mengatakan, dalam Rapat Kerja Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides) yang bertajuk ‘Peningkatan Efektifitas Dana Desa’,” baru-baru ini.

Ia juga menegaskan pentingnya program peningkatan kualitas sumber daya manusia di kawasan perdesaan melalui pendidikan vokasional atau pendidikan kejuruan.

Dengan sistem kejuruan, tenaga kerja di kawasan perdesaan bakal mendapatkan berbagai pendidikan terapan yang dibutuhkan di lapangan kerja.

“Perlu model program pendidikan vokasional di desa-desa. Universitas atau kalangan perguruan tinggi bisa mewujudkan hal tersebut sehingga akan ada peningkatan kualitas tenaga kerja di perdesaan secara masif,” katanya.

Eko mengatakan pihaknya tengah menyiapkan berbagai program inovasi desa yang dijalankan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan anggaran hingga Rp100 miliar.

Program tersebut nantinya akan membiayai berbagai produk inovasi termasuk di dalamnya program-program dari pendidikan vokasional. (*)




Comments

comments


Komentar: 0