14 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Warga Minati Distribusi Tabung Gas 3 Kg Murah dari Disperindag


Warga Minati Distribusi Tabung Gas 3 Kg Murah dari Disperindag
Operasi Pasar Tabung LPG 3 Kg yang diadakan Disperindag Kutim. (Foto: Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Operasi pasar mengantisipasi kelangkaan gas elpiji 3 kilogram (kg) oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kutai Timur (Kutim) disambut antusias masyarakat di SPBU Jalan Yos Sudarso II Sangatta Utara, Sabtu malam, 23 Desember 2017.

Ratusan warga silih berganti memasuki pangkalan untuk membeli gas. Ada yang membawa satu tabung, ada pula yang membawa dua tabung guna mendapatkan batas maksimal pembelian gas bersubsidi yang dijual pada operasi pasar tersebut.

Dalam operasi itu, seluruh warga yang turut berjejal di tengah kerumunan warga lainnya cukup membayar seharga Rp19.000 per tabung.

"Harganya murah mas cuma Rp19.000 per tabung dan stoknya banyak lagi. Kemarin saya beli sama pengecer seharga Rp28.000, itu pun harus keliling dulu karena tidak semua warung ada stok-nya," ujar Nursiyah, salahsatu warga setempat.

Hal serupa juga dirasakan Ana, ibu rumah tangga yang senang dengan adanya operasi pasar. Ia mengaku dalam dua pekan terakhir cukup sulit mendapatkan gas elpiji 3 kg.

"Kalau pun ada di warung harganya mahal sekitar Rp28.000 sampai Rp30.000 per tabung. Tapi mau tidak mau kita beli, dari pada dapur tidak ngepul," katanya.

Mewakili warga Sangatta Utara, Ana berharap pemerintah setempat senantiasa menjaga pasokan dan harga gas bersubsidi tersebut. Pasalnya, hampir sudah tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan kompor minyak dan juga tungku bakar untuk memasak di dapur.

"Kalau saya paling banyak satu bulan satu tabung gas isi 3 kilogram, gas melon ini enak mas ringan dan mudah kita bawa. Tapi kalau tidak ada ya bingung juga, kita tidak mungkin pakai minyak tanah, kompornya sudah ngga ada. Apa lagi tungku pakai kayu bakar," tuturnya.

Sementara, Kasi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kutim Achmad Dony Evriady mengungkapkan jumlah penyaluran tabung gas melon langsung dengan harga pangkalan kali ini sebanyak 560 tabung. Stok selebihnya yang sekaligus dibawa oleh PT Pertamina itu di disitribusikan ke empat pangkalan.

"Kita akan lakukan terus operasi pasar untuk gas bersubsidi, biar kebutuhan masyarakat yang tidak mampu benar-benar terpenuhi," jelasnya.

Selain di SPBU Jalan Yos Sudaraso II Sangatta Utara, operasi pasar mengantisipasi kelangkaan gas elpiji 3 kilogram juga rencananya di gelar pada Minggu (24/17) pukul 08.30 wita dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2018. 

Oprasi tersebut akan dipusatkan di dua titik yakni pangkalan Isnar di Gang Taruna, Sangatta Utara dan pangkalan Amir di jalan H.M. Ardan, Kilometer 1, Sangatta Selatan. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0