20 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Gubernur Sumbar Irwan Sambangi Kutai Timur


Gubernur Sumbar Irwan Sambangi Kutai Timur
Bupati Kutim Ismunandar dan Wakil Ketua II DPRD Kutim Encek UR Firgasih bersama penari Piring di malam festival seni dan budaya, kuliner dalam rangkaian Mubes IKM kaltim di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Sabtu malam, 24 Desember 2017 (Foto : Imran)

KLIKSANGATTA.COM- Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kalimantan Timur (Kaltim) digelar di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur (Kutim), Bukit Pelangi, Sabtu, 23 Desember 2017.

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan menghadirkan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno dan Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Taufik Effendi dan Kabag Rantau Hilma serta Kabag Kerjasama Aschari Cahyaditama.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Bupati Kutim Ismunandar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kutim Irawansyah, Wakil Ketua II DPRD Kutim Encek UR Firgasih dan anggota DPRD Kutim Herlang Mapatitti.

Dalam mubes itu juga turut dirangkaikan dengan festival seni dan budaya, kuliner serta silahturahmi akbar antara jajaran Pemkab Kutim, masyarakat Minang Kaltim dan juga Pemprov Sumbar pada Sabtu malam keesokannya (24/12), di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi.

Sementara dalam festival seni dan budaya, menampilkan beberapa seni dan budaya khas Minang, di antaranya tari Indang atau juga dikenal dengan tari Dindin Badindin, tari Hantak dan tari Alang Babega dengan gerakan menirukan elang terbang menyambar mangsa.

Selanjutnya tari yang ditampilkan yakni Cupak atau tari Piring. Tarian ini dimainkan oleh enam orang penari dengan pakaian adat khas etnis Minang, seperti halnya baju Kurung yang terbuat dari kain beludru dan kain satinkain, Tanduak Balapak yaitu penutup kepala dan aksesoris lain berupa anting, kalung, gadang, dan kalung rambai.

Sebelum menggelar festival seni dan budaya, kuliner serta silahturahmi akbar. Panutia acara juga sebelumnya menyiapkan kegiatan ramah tamah antara jajaran Pemkab Kutim dengan Guberbur Sumbar di Hotel Victoria Sangatta. Acara ini digelar setelah pembukaan Mubes IKM yang berlangusng di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0