19 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tak Jadi Mogok, Tunggakan Tunjangan Aparatur Desa Dijanjikan Bulan Ini Selesai


Tak Jadi Mogok, Tunggakan Tunjangan Aparatur Desa Dijanjikan Bulan Ini Selesai
Ilustrasi aparatur desa mogok kerja. (int)

KLIKSANGATTA.COM – Ujung gejolak penutupan layanan sejumlah kantor desa di Kutai Timur (Kutim) mulai terlihat. Pasca dijanjikan segera cair, gelombang tuntutan aparatur desa mereda. Tunjangan aparatur desa untuk pembayaran triwulan III dan IV itu ditargetkan cair pada akhir bulan Januari.

Kepastian tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kutim Khoirul Anam usai hearing dengan Pemerintah Kabupaten di Sekretariat DPRD Bukit Pelangi, Selasa, 9 Januari 2018 kemarin.

"Kalau menurut Ibu Yulianti (Asiten III Setkab Kutim) tadi, katanya besok sudah diproses. Anggarannya sudah ada jadi tinggal sistem transfernya dari rekening ke rekening desa masing-masing," ujarnya.

Dikatakan Khoirul, prioritas pencairan tunjangan aparatur desa diambil sebagai langkah untuk menanggulangi permasalahan secara bertahap. Keputusan tersebut juga didasari kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kutim.

Sedangkan pembayaran ADD untuk seluruh desa yang disebutkan sebesar Rp48 miliiar, rencananya direalisasikan setelah pemerintah kabupaten mendapatkan transfer dana dari pemerintah pusat.

"ADD rencananya dicairkan pada Februari 2018 mendatang," tukasnya.

Terkait dengan rencana penutupan layanan sebagai bagian dari empat poin tuntutan aparatur desa, Khoirul menegaskan tidak jadi. Pemerintah daerah telah memenuhi salahsatu poin harapan apatur desa.

"Jadi layanan tetap kita buka sambil menungggu realisasi ADD bulan depan," pungkasnya. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0