26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Awali Tahun, Indonesia Impor 500 Ribu Ton Beras


Awali Tahun, Indonesia Impor 500 Ribu Ton Beras
Ilustrasi.

KLIKSANGATTA.COM – Sebanyak 500.000 ton beras impor akan segera masuk untuk memenuhi kebutuhan beras nasional pada akhir Januari 2018 ini. Menurut Kementerian Perdagangan, beras impor itu tergolong sebagai jenis khusus.

Meski menyebut beras dengan sertifikasi khusus, pemerintah mengemukakan harga yang akan dijual berada di bawah harga eceran tertinggi beras medium. Upaya ini dilakukan untuk menutupi minimnya beras medium.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan beras yang akan diimpor bersertifikasi khusus dan jenisnya tidak ditanam di dalam negeri.

“Sebanyak 500.000 ton start awal. (Diimpor) dari berbagai negara yang ada beras. Vietnam, Thailand kita masukkan,” kata Enggar di Jakarta pada Kamis 11 Januari 2018.

Menurutnya, keputusan tersebut dilakukan sambil menunggu panen raya yang diharapkan mulai terjadi pada Februari atau Maret. Pihaknya juga tak mau mengambil risiko untuk mengurangi pasokan beras yang ada.

Jenis beras yang diimpor diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan nomor 1 Tahun 2018. Namun belum diketahui bagaimana syarat impor tersebut.

"Januari pasokan ini akan masuk dan terus kita masukkan," ujarnya. (*)

Reporter : Ayub Fardani    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0