16 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Catat! Ini Jadwal Vaksinasi Massal Gratis Difteri Tahap II di Kutim


Catat! Ini Jadwal Vaksinasi Massal Gratis Difteri Tahap II di Kutim
Rapat evaluasi penanganan difteri di aula Dinas Kesehatan Kutim, Sangatta. (Foto: ist)

KLIKSANGATTA.COM – Sepanjang Januari 2018, Pemkab Kutai Timur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melaksanakan imunisasi massal gratis bagi masyarakat usia 1-19 tahun. Imunisasi dipusatkan di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan karena semua kasus difteri ditemukan di wilayah padat penduduk ini.

Imunisasi pada awal tahun ini merupakan Vaksinasi massal yang telah memasuki tahap kedua, setelah tahap pertama rampung pada Desember tahun lalu. Sementara tahap ketiga akan digelar pada Agustus mendatang.

Vaksinasi tahap II akan digelar pada 21 Februari sampai 15 Maret 2018. Sedangkan untuk penyelesaian vaksin di beberapa TK di Sangatta Utara dan Selatan akan dilaksanakan pada 19-20 Februari ini.

"Sasaran kali ini tidak hanya penduduk usia 1-19 tahun di Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan saja, tetapi ditambah dengan Kecamatan Teluk Pandan, Kaubun dan Bengalon," kata Kepala Dinkes Kutim, dr. Bahrani.

Bahrani menjelaskan, Kecamatan Kaubun Teluk Pandan dan Bengalon menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi massal dikarenakan di tiga kecamatan ini sudah ditemukan pasien suspek difteri yang dirawat. 

Dengan masuknya Kecamatan Kaubun, Teluk Pandan dan Bengalon, maka target warga yang akan divaksin pun ikut bertambah. Dengan target semula 50 ribu jiwa di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, jumlah sasaran vaksinasi kali ini menjadi 76.917 jiwa.

“Jumlah sasaran bertambah dari sebelumnya sebanyak 50 ribu jiwa. Pelaksanaannya terjadwal di semua sekolah dan posyandu,” timpal Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kutim, Yuwana Sri Kurniawati.

Ia juga menjawab kendala minimnya logistik vaksin yang sebelumnya sempat menyeruak. Hasilnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memenuhi permintaan logistik vaksin untuk kasus difteri di Kutim.

 "Sementara itu kendala logistik vaksin sudah ada solusi. Yaitu adanya dropping vaksin dari Subdit Imunisasi Kementerian Kesehatan RI. Saat ini (logistic vaksin difteri) sudah tiba di Samarinda dan siap diambil oleh petugas Dinkes dari Seksi Imunisasi dan Sueveilence," tambahnya. (*) 

Reporter : Humas Pemkab Kutim    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0