26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Sekretaris Disdik Angkat Anak Asuh Putri Nelayan Agar Terus Sekolah


Sekretaris Disdik Angkat Anak Asuh Putri Nelayan Agar Terus Sekolah
Sekretaris Disdik Roma Malau (empat kiri) bersama Irawati di Kantor Disdik Kutim. (Foto: Sukriadi)

KLIKSANGATTA.COM – Meski menahan diri, tampak mata Irawati mulai basah. Gadis 16 tahun itu menahan haru karena keinginannya terus bersekolah dapat terwujud dalam keterbatasan ekonomi keluarganya.

Ayahnya seorang nelayan yang tinggal di kampung Kenyamukan, Sangatta. Sehari-hari ia membantu kedua orangtuanya mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan berjualan es di Pelabuhan Kenyamukan, Desa Sangatta Utara. Ia pun putus sekolah karena ekonomi keluarga tak bisa menutupi keperluan pendidikannya.

Tapi di suatu pagi, Jumat 8 Maret 2018, Irawati dan ayahnya memberanikan diri menghadap ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kutim ditemani seorang rekannya mencari jalan agar kedua putrinya bisa terus bersekolah. Kebetulan, ada Sekretaris Disdik Roma Malau yang menerima mereka.

Ayah Irawati tidak datang dengan niat mengais iba semata. Ia mengatakan Irawati adalah siswa cerdas yang kerap mendapatkan ranking di kelasnya. Ia merasa tidak adil jika Irawati dan sang adik harus putus sekolah hanya karena keterbatasan ekonomi keluarga saat anaknya bersemangat menempuh pendidikan.

“Kami sebenarnya mau sekolah, tapi kami melihat kerjaan orangtua kami dan tidak mau menambah beban keluarga. Saat ini kami membantu orangtua berjualan es di Kenyamukan tempat kami tinggal,” ujar Irawati.

Usai menanyakan niat Irawati, Roma mengambil keputusan cepat yang mengubah suasana ruangan kala itu penuh haru. Ia memutuskan mengambil Irawati sebagai anak asuh dan mengharapkan ia dan adiknya terus melanjutkan sekolah. Sebagai orangtua asuh, ia menanggung biaya seragam dan lainnya untuk Irawati.

“Untuk adiknya, akan saya carikan orangtua asuhnya. Dan perlu diketahui kalau biaya pendidikan saat ini sudah gratis jadi tidak ada sekolah yang memungut biaya,” kata Roma.

Dari catatan akademik Irawati dan adiknya juga akan dicek sehingga anak berprestasi perlu mendapatkan perhatian di tengah keterbatasan ekonomi keluarganya. Ia menuturkan, semua warga negara wajb dan berhak mendapatkan pendidikan serta kehidupan yang layah sesuai yang diatur dalam Pembukaan UUD 1945. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0