19 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Dinilai Unggul, Bantul Tujuan Studi Banding Pansus Administrasi Kependudukan


Dinilai Unggul, Bantul Tujuan Studi Banding Pansus Administrasi Kependudukan
Suasana diskusi dalam kunjungan Pansus Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil DPRD Kutim di Kab. Bantul. (Foto: Ist)

KLIKSANGATTA.COM – Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil DPRD Kutim memilih Kabupaten Bantul, DIY Yogyakarta, sebagai daerah tujuan studi banding.

Dalam lawatan pansus belum lama ini, rombongan legislator Kutim disambut oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul didampingi jajarannya di Kantor Bupati Bantul. Selain Pansus DPRD Kutim, hadir pula Kepala Disdukcapil Kutim Yanuar.

Ketua Pansus Siang Geah menyebutkan, tujuan kedatangan timnya kali ini untuk melihat penerapan Perda Kabupaten Bantul Nomor 10 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Perda Bantul sebelumnya terkait penyelenggaraan administrasi kependudukan.

“Dan bagaimana mereka melaksanakan amanah perda tersebut dan apa saja kendala di lapangan,” ujar politisi muda PDI-P itu.

Menurut Siang, Bantul merupakan salah satu kabupaten yang sukses menyelenggarakan pelayanan pelanggaran administrasi kependudukan dengan berbagai metode yangg di dukung penuh oleh DPRD dan pemerintah daerah.

“Pemprov Kaltim juga pernah mengadakan pertemuan terkait ini dengan Pemkab Bantul karena dinilai cukup berhasi. Kelebihan Kabupaten Bantul, perda mereka cepat disesuaikan dengan perubahan undang-undang,” jelasnya.

 Kunjungan ini juga bagian dari proses penyusunan perubahan atas Perda Nomor 7 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutim. Peraturan ini harus disesuaikan dengan UU Nomor 24 Tahun 2013 atas Perubahan UU Nomor 23 Tahun 2006.

“Ditambah mengacu pada Permendagri Nomor 120 Tahun 2017 tentang UPT (Unit Pelaksana Teknis) terkait,” timpalnya.

Pansus ini terdiri dari sejumlah anggota dewan lainnya di antaranya Uce Prasetyo, Kamsiah Rahman, Jhoni dan Muhammad Lebar. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0