21 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Puskesmas Teluk Lingga Adakan Sosialisasi MH dan Frambusia


Puskesmas Teluk Lingga Adakan Sosialisasi MH dan Frambusia
Puskesmas Teluk Lingga Sangatta menggelar pelatihan terhadap kader MH (Morbus Hansen) dan Frambusia, Selasa (26/3). (Foto: Imran)

KLIKSANGATTA.COM - Puskesmas Teluk Lingga Sangatta menggelar pelatihan terhadap kader MH (Morbus Hansen) dan Frambusia di ruang aula Puskesmas, Selasa, 27 Maret 2018.

Pelatihan tersebut diikuti 21 peserta dengan menghadirkan Bidang P2PL Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur, Misdian Ekawati dan Muhamad Yusuf sebagai pemateri.

"Memberi pelatihan kepada kader merupakan cara yang baik untuk pencegahan. Termasuk kepada kader pemncegahan penyakit MH dan Frambusia," ujar Yusuf.

Selaku pengelola program kusta Erniwati menbahkan, MH atau Kusta adalah penyakit infeksi Mycobakterium pada manusia yang kronik progresif. Penyakit ini mula-mula menyerang susunan saraf tepi, lalu menyerang kulit.

"Sedangkan penyakit Frambusia ini hadir akibat perilaku hidup tidak bersih. Termasuk kebersihan lingkungan dan keseharian warga itu sendiri. Jadi seluruh pihak dituntut hidup bersih dalam kesehariannya," katanya.

Sementara, Ety Noviyanti yang hadir sebagai peserta mengungkapkan kebanggannya. Mengikuti pelatihan menututnya cara yang tepat untuk menambah pengetahuan.

"Harapannya agar Sangata bebas kusta, bukan hanya sekedar slogan semata tetapi diharapkan menjadi satu kenyataan pastikan bayi mendpt imunisasi BCG membantu mengurangi kemungkinan terkena kusta," tuturnya.

Sebab, lanjut Ety, salahsatu cara memutus mata rantai penyakit kusta yakni melakukan deteksi dini, "temukan bercak putih kemerahan yang mati rasa,tidak ditumbuhi bulu, tidak mengeluarkan keringat. Kedua penebalan syaraf dan yang ketiga hasil test laboratorium. Slam 3 jari indonesia bebas kusta," pungkasnya. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Administrator



Comments

comments


Komentar: 0