19 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pemerataan Ekonomi, Perusahaan Patut Serap Tenaga Kerja Lokal


Pemerataan Ekonomi, Perusahaan Patut Serap Tenaga Kerja Lokal
Ketua Komisi D DPRD Kutim Angga Redi Niata, (Dok. Klik)

KLIKSANGATTA.COM - Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim yang membidangi kesejahteraan rakyat  Angga Redi Niata, menuturkan perlunya peran aktif pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja lokal oleh perusahaan.

Angga menjelaskan pentingnya peran pemerintah supaya tersedianya lapangan tenaga kerja lokal, agar ada kesempatan kerja baru bagi putra putri daerah khususnya dikutim. Hal itu juga merupakan salah satu target yang harus dicapai dalam pembangunan ekonomi daerah kedepan.

"Kami di DPR berharap agar melalui pemerintah daerah dapat menfasilitasi dalam penyerapan tenaga kerja lokal  masuk bekerja di perusahaan yang ada diwilayah Kutim. Dan hal ini dapat meningkatkan perputaran ekonomi," jelas Angga perwakilan rakyat daerah pemilihan Dua. 

Lebih lanjut ia menuturkan, permasalahan utama dari penyerapan tenaga kerja lokal adalah masalah kemampuan (Skill) tenaga kerja lokal yang dinilai kurang dibanding tenaga kerja dari luar daerah. Disitulah perlu peran aktif pemerintah daerah untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja lokal dengan menghidupkan dan mengoptimalkan kembali Balai Latihan Kerja (BLK)  guna memperbaiki daya saing tenaga kerja lokal, membuat atau memperbaiki kesepakatan dengan perusahaan mengenai penyerapan tenaga kerja lokal.

"Masalah utama yang jadi kendala penyerapan tenaga kerja lokal adalah Kemampuan (Skill) mereka yang dinilai kurang mampu  dibanding tenaga kerja dari luar, disinilah perlu peran aktif pemerintah, untuk meningkatkan kemampuan para tenaga kerja lokal pemerintah harus mengaktifkan dan mengoptimalkan fungsi balai latihan kerja (BLK), meminta perusahaan untuk membuat management training untuk mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja lokal,” tegasnya. 

Disamping itu, Sistem pengawasan dari dinas ketenaga kerjaan mengenai perekrutan tenaga kerja oleh perusahaan  harus ditingkatkan, karena menurutnya dinas ketenaga kerjaan adalah kepanjangan tangan pemerintah dalam mengatasi masalah  tenaga kerja di Kutai Timur.

"Untuk itu Pengawasan juga harus dilakukan oleh disnaker,terutama mengenai perekrutan tenaga kerja oleh perusahaan dari luar daerah, apa saja yang menjadi kendala dari tenaga kerja lokal dalam bersaing dengan tenaga kerja luar daerah juga harus diperhatikan guna meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal di Kutai Timur,"pungkasnya. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Administrator



Comments

comments


Komentar: 0